Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata di Kapal Pesiar Jadi Impian Pelancong Indonesia

Kompas.com - 18/09/2018, 17:33 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak aktivitas liburan yang kini menjadi buruan dan masuk daftar keinginan. Di antara sederet pilihan, pelesir dengan kapal pesiar ternyata yang paling diimpikan orang Indonesia. 

Menurut survei dari Dwidayatour yang melibatkan lebih dari 1.200 pelancong Indonesia tentang minat mereka dalam merencanakan wisata yang seru, sebagian besar memiliki impian berwisata dengan kapal pesiar.

Ada 52 persen responden menyatakan ingin menikmati liburan di samudra dengan kapal pesiar; dan sebanyak 90 persen responden menyatakan belum pernah naik kapal pesiar. 

Fakta lain, pilihan liburan ini ternyata menndominasi semua kelompok usia.

Ada pun riset ini membagi kategori konsumen berdasarkan tiga rentang usia, yaitu Gen Z (18-23 tahun), Gen Y (24-41 tahun) serta Gen X (42-52 tahun).

Alternatif lain yang diiinginkan adalah liburan dengan paket tur ke suatu negara 24 persen; dan menginap di hotel unik dengan pemandangan alam sebesar 10 persen.

Mengapa kapal pesiar

Water Park di Kapal Pesiar World DreamKompas.com/Rakhmat Nur Hakim Water Park di Kapal Pesiar World Dream

Vice President Commercial Dwidayatour Hendriyapto mengungkapkan, liburan dengan kapal pesiar tengah menarik perhatian pelancong Indonesia. 

“Mereka ingin menikmati liburan dan atraksi-atraksi menarik di tengah samudra, dan merasakan pengalaman baru yang jarang ditemukan saat berwisata di daratan,” ujar Hendriyapto dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Terbukti, tambah Hendriyapto, sebanyak 79 persen responden menyatakan alasan mereka belum pernah menikmati kapal pesiar adalah faktor harga yang relatif mahal. Alasan lain adalah ingin menikmati pengalaman berbeda, 71 persen.

Hal menarik dari kapal pesiar, kata Hendriyapto, adalah menawarkan sensasi berbeda dengan menawarkan kunjungan ke lokasi atau pulau-pulau baru, serta atraksi-atraksi menarik di atas kapal dan di darat.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan angkasa berbintang dari tengah laut dengan keindahan tak tertandingi.

“Pengalaman yang sulit dilupakan oleh anak, remaja bahkan orang tua juga dapat dinikmati di atas kapal pesiar, karena tersaji hiburan serta aktivitas yang beragam. Inilah yang membuat liburan gaya ini semakin diminati para traveler,” ujar Hendriyapto.

Kota pilihan

Soal daerah yang ingin dikunjungi, para pelancong Indonesia menetapkan destinasi Eropa (Mediterania/Non Mediterania) menjadi favorit dengan pilihan 27 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com