3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian - Kompas.com

3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian

Kompas.com - 10/10/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi yoga Sukhasana fizkes Ilustrasi yoga Sukhasana

KOMPAS.com - Belakangan ini yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang menjadi tren. Ada berbagai jenis yoga yang ditawarkan dalam kelas-kelas latihan dari mulai hatha yoga, bikram yoga, hingga prenatal yoga.

Olahraga yang satu ini termasuk praktik yang menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres.

Nah, sebelum mencoba latihan yang satu ini, cari tahu dulu manfaat yoga yang telah dibuktikan oleh penelitian. Apa sajakah?

1. Meningkatkan kualitas hidup

Penelitian yang dilakukan pada 135 lansia yang diminta untuk melakukan yoga selama enam bulan membuktikan bahwa latihan ini dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Suasana hati, kelelahan, bahkan gejala penyakit mengalami perbaikan setelah para lansia ini melakukan yoga.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa yoga dapat membantu memperbaiki efek kemoterapi pada wanita dengan kanker payudara seperti mual dan muntah.

Sementara itu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa yoga membantu meningkatkan kualitas tidur, memberikan rasa aman secara spiritual, meningkatkan fungsi sosial, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi pada pasien dengan kanker.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Pagi Hari yang Lebih Baik daripada Secangkir Kopi

Ilustrasi yogapetrenkod Ilustrasi yoga
2. Mengurangi nyeri kronis

Memiliki masalah kesehatan yang menyebabkan nyeri kronis pada bagian tubuh tertentu pasti sangat mengganggu aktivitas. Namun, ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi nyeri kronis yang diakibatkan oleh banyak penyebab.

Dikutip dari McMaster Optimal Aging Portal dari McMaster University, Kanada, yoga dapat membantu meredakan sakit pinggang kronis yang biasanya sangat membatasi gerak seseorang.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bukti bahwa yoga membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi fisik pada pasien dengan osteoarthritis lutut.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

3. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa yoga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta bahwa orang yang berlatih yoga selama lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan latihan ini.

Hal ini sangat menguntungkan karena tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab utama serangan jantung dan juga stroke. Selain itu, yoga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita.

Berbagai pose yoga membantu tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga gula darah dapat terkendali.

Pernapasan dalam membantu menurunkan tekanan darah, dan meditasi juga membantu menenangkan pikiran. Semua faktor ini pada akhirnya berkontribusi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Pria


Sumber

Close Ads X