Kompas.com - 25/10/2018, 10:10 WIB
ilustrasi kosmetik Thinkstock.comilustrasi kosmetik

KOMPAS.com - Saat ini, sangat mudah menemukan produk kecantikan dengan label "natural". Mulai dari pelembap, serum, masker, dan produk-produk kosmetik lainnya.

Label "natural" dan "organik" itu seolah menjadi jaminan bahwa produk-produk tersebut menggunakan bahan alami dan tanpa efek samping bagi kulit.

Survei terhadap 1.000 perempuan yang dilakukan oleh Statistafound pada 2016 menemukan bahwa 73 persen perempuan berusia 18-34 tahun mengatakan kata "natural" penting untuk memutuskan apakah mereka membeli suatu produk kecantikan atau tidak.

Padahal, ketika bicara soal produk kecantikan dan perawatan tubuh, terminologi "natural" atau alami sebetulnya tidak terlalu berpengaruh.

Maksudnya, sampo susu kelapa yang kamu miliki tidak tumbuh di pohon kelapa dan tentu saja mengandung lebih dari sekadar minyak kelapa.

Lalu, apa yang dimaksud dengan "natural" itu sendiri?

Sayangnya, tidak ada definisi yang benar-benar konkret. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration) bahkan tak memiliki regulasi yang mencantumkan definisi dari "natural".

Dalam situsnya, FDA menuliskan bahwa mereka tidak mendefinisikan kata "natural" dan tidak membangun regulasi untuk mendefinisikannya dalam hal label kosmetik.

"Artinya, kata natural bisa saja digunakan oleh produk manapun," kata Presiden Society of Cosmetic Chemists sekaligus co-founder The Beauty Brains, Perry Romanowski.

IlustrasiPexels Ilustrasi
Meski begitu, Komisi Perdagangan Amerika Serikat mengatakan, ketika perusahaan ingin mengklaim produk mereka "natural", atau "100 persen natural" maka mereka tidak diperkenankan menggunakan bahan-bahan sintetik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.