Kompas.com - 13/11/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi. ThickstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Kurangnya waktu akibat aktivitas yang padat di siang hari membuat sebagian orang memilih melakukan olahraga di malam hari.

Namun, aktivitas fisik yang berat terkadang bisa membuat kita justru tidak mengantuk ketika waktu tidur bisa. Atau sebaliknya, ada orang yang justru menjadikan kegiatan olahraga di malam hari untuk memancing kantuk.

Studi terbaru berikut ini mungkin bisa menjawab apakah olahraga malam mempengaruhi kualitas tidur.

Para peneliti dari Swiss menganalisa 23 studi sebelumnya yang menganalisa efek olahraga terhadap tidur di malam hari dengan melibatkan 276 partisipan.

Partisipan diminta melakukan olahraga dengan pola tidur sehat. Lari dan bersepeda menjadi jenis olahraga paling populer dengan rata-rata waktu olahraga selama 87 menit.

Sejumlah partisipan diminta melakukan sesi olahraga tersebut sekitar 1,8 jam sebelum tidur. Sementara beberapa lainnya diminta untuk tidur 12 menit setelah berolahraga.

Hasil studi menunjukkan bahwa berolahraga di malam hari tidak menyebabkan kegelisahan sebelum tidur.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, olahraga berat bisa memperpanjang waktu sebelum kita tertidur.

Melakukan olahraga ringan di pusat kebugaran pada dasarnya tidak akan mengganggu tidur di malam hari.

Baca juga: Apa Efeknya bagi Kesehatan kalau Sering Olahraga Malam-malam?

Selain itu, tidak ada perbedaan antara mereka yang pergi ke pusat kebugaran secara rutin dan mereka yang pertama kali mengikuti olahraga di pusat kebugaran.

Para peneliti mengatakan, secara keseluruhan, studi yang ditinjau tidak mendukung hipotesa bahwa olahraga malam berdampak negatif terhadap tidur.

Kalaupun ada dampaknya, olahraga yang sangat intens menjelang waktu tidur akan mengganggu efisiensi tidur dan waktu tidur secara total meski efeknya terbilang kecil.

Terlepas dari hasil positif studi, para ilmuwan tetap perlu memastikan tipe olahraga apa yang sebaiknya dilakukan sebelum waktu tidur dan ideal waktu antara olahraga dan tidur.



Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X