5 Jenis Olahraga Ampuh untuk Membebaskan Diri dari Stres

Kompas.com - 16/11/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi olahraga pernafasan sjenner13Ilustrasi olahraga pernafasan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Aktivitas kita setiap hari tentu tidak lepas dari stres. Jika mampu diatasi, kita dapat menjalani hari tanpa rasa cemas maupun gelisah.

Sebaliknya, jika tidak mampu mengatasi stres yang membebani pikiran, kualitas hidup akan menurun. Kita jadi sulit berpikir jernih, susah tidur, dan jadi tidak produktif saat bekerja. Agar terbebas dari stres, kita bisa memulainya dengan olahraga. Kira-kira olahraga apa yang ampuh mengurangi stres?

Stres bisa memengaruhi kesehatan dari kaki hingga ujung rambut. Hampir 77 persen orang yang mengalami stres merasakan sakit kepala, insomnia, cemas, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan sulit konsenstrasi.

Menyingkirkan stres tanpa menyelesaikan akar permasalahannya memang sulit. Namun, mempelajari bagaimana menghadapi stres adalah cara terbaik untuk menekan beberapa gejala stres. Salah satu caranya dengan aktivitas fisik, seperti olahraga.

Baca juga: Mengapa Olahraga Adalah Cara Terbaik Menghilangkan Stres

“Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran dari berbagai masalah,” ujar Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi di Coordinated Health, seperti dilansir dari Everyday Health.

Selain itu, gerakan badan juga membuat otot tubuh aktif bekerja sehingga melancarkan peredaran darah. Ditambah dengan latihan pernapasan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, aktivitas fisik ini merangsang tubuh agar lebih rileks.

Berbagai jenis olahraga yang ampuh mengurangi stres

Berikut ada beberapa olahraga yang dapat meningkatkan stamina sekaligus mengusir stres dari pikiran, antara lain:

1. Jalan santai atau jalan cepat

Ilustrasi jalan kakiPointImages Ilustrasi jalan kaki
Berjalan adalah olahraga paling mudah dilakukan. Sangat cocok untuk dilakukan bagi yang baru memulai aktivitas sehat ini sebagai kegiatan rutin. Baik itu jalan santai atau jalan cepat, gerakan kaki berulang dapat melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan jadi lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X