Kompas.com - 21/11/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi media sosial ViewApartIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Beberapa penelitian menunjukkan efek penggunaan media sosial terhadap kesehatan mental, misalnya saja kesepian dan depresi. Itu sebabnya penggunaan Facebook, Instagram, atau Twitter, perlu dibatasi.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan tim dari Universitas Pennsylvania, AS, durasi pemakaian media sosial idealnya tak lebih dari 30 menit sehari.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Melissa G.Hunt, ini berusaha membuktikan apakah seseorang akan merasa lebih baik saat mereka membatasi ber-medsos.

"Membatasinya hanya 30 menit sehari secara signifikan meningkatkan kesejahteraan mental," kata Hunt.

Dalam penelitiannya ia hanya fokus pada penggunaan Facebook (FB). Tim peneliti melibatkan 143 mahasiswa untuk mengikuti dua uji coba, yaitu saat musim semi dan musim gugur.

Setiap partisipan studi ini memiliki akun di FB, Instagram, dan Snapchat, serta iPhone. Ponsel ini secara otomatis akan melacak jumlah total waktu setiap aplikasi yang dibuka.

Baca juga: Yang Perlu Diajarkan Orangtua pada Anak Tentang Media Sosial

Para mahasiswa itu dimonitor selama seminggu untuk mengetahui pola pemakaian media sosialnya, lalu diberi kuesioner tentang perasaan kesejahteraan mental berdasarkn 7 faktor, yaitu rasa takut ketinggalan berita, dukungan sosial, kesepian, penerimaan diri, kecemasan, depresi, dan self-esteem.

Pada percobaan kedua, partisipan secara acak diminta untuk tetap menggunakan media sosialnya, namun setiap akun dibatasi masing-masing 10 menit per hari. Hasilnya, mereka merasa lebih baik.

"Mengurangi pemakaian media sosial dari yang biasanya akan mengurangi rasa depresi dan kesepian. Efek ini terutama pada mereka yang di awal penelitian mengungkapkan sedang depresi," katanya.

Tim peneliti juga memilih agar para responden membatasi penggunaan, bukan berhenti sama sekali. Pilihan itu dianggap lebih realistik.

"Sebagian orang memang berhenti tak menggunakan media sosial sama sekali, tapi lebih mudah jika kita mengurangi durasinya," katanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Quartz
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.