Pola Makan Bernutrisi Bikin Perempuan Ini Turun 58,9 Kg - Kompas.com

Pola Makan Bernutrisi Bikin Perempuan Ini Turun 58,9 Kg

Kompas.com - 27/11/2018, 09:12 WIB
Jessie saat masih gemuk dan setelah menjalani pola hidup sehatinstagram Jessie saat masih gemuk dan setelah menjalani pola hidup sehat

KOMPAS.com - "You are what you eat (kamu adalah apa yang kamu makan)".

Ungkapan tersebut cukup tepat menggambarkan perjalanan penurunan berat badan sejumlah orang. Olahraga memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun harus diimbangi dengan pola makan sehat.

Hal itu dilakukan pula oleh seorang perempuan bernama Jessie yang berhasil menurunkan berat badan hingga 130 pon atau sekitar 58,9kg dengan mengubah pola makannya secara total dan melakukan latihan kekuatan.

Jessie saat ini menjadi pelatih kebugaran dan membantu banyak perempuan mencapai target berat badannya.

"Aku berhasil menurunkan berat badan total 130 pon. Aku secara rutin mengikuti teori gizi Poliquin yang relatif lengkap," kata dia.

Charles Poliquin sendiri meruakan pelatih kekuatan ternama asal Kanada sekaligus seorang penulis buku perencanaan gizi dan tips membuang lemak tubuh bagi para penggiat olahraga beban.

Jessie mengikuti anjuran Poliquin untuk mengkonsumsi makanan non-olahan tinggi gizi sambil terus memantau asupan gizi makro untuk memastikan diet yang dilakukannya sudah komprehensif.

Lalu, bagaimana pola makan Jessie?

Setiap harinya ia mengkonsumsi makanan dengan kombinasi: protein tanpa lemak, lemak sehat dan karbohidrat kompleks.

"Makanan yang dikonsumsi empat ons protein tanpa lemak, biasanya ayam, serta dua atau tiga gelas sayuran yang dimasak dengan lemak sehat. Aku suka cara masak digoreng," katanya.

Meski tampak mengkonsumsi makanan sehat sepanjang hari, ia tetap menyediakan cheat meal setiap harinya. Salah satu favoritnya adalah burger.

Perlahan tapi pasti, perjalanan penurunan berat Jessie tidak berlangsung secara cepat, melainkan beberapa bulan atau bahkan satu tahun.

Dengan waktu yang cukup lama tersebut, Jessie justru bisa membangun sebuah kebiasaan berkelanjutan yang membantunya bisa mempertahankan berat badannya setelah turun.

Tapi, mengatur pola makan bukanlah satu-satunya yang dilakukan Jessie. Ia juga melakukan latihan angkat beban untuk membangun massa otot tubuhnya.

Jessie mengikuti program pembentukan tubuh dan pergi ke pusat kebugaran setiap minggu.

Ia juga melakukan latihan kaki, punggung, bisep, trisep, dan bahu yang dilakukan pada hari terpisah.

Saat ingin menurunkan berat badan, Jessie menambahkan olahraga kardionya selama 20 menit setelah sesi latihan kekuatan.

Karena memiliki pola olahraga yang cukup padat, Jessie ingin memastikan dirinya mengkonsumsi cukup makanan baik protein maupun karbohidrat kompleks.

Meski memiliki kesibukan harian, Jessie tetap merusaha melakukan perencanaan matang terkait pola hidupnya tersebut.

Misalnya, menyiapkan keperluan olahraga di pusat kebugaran dalam satu tas atau menyiapkan makanannya.

"Kadang aku juga memesan dari perusahaan katering," katanya.

Menurut perempuan yang gemar berbagi foto olahraganya di akun Instagram @jessiegfitness, salah satu tantangan terbesar yang dihadapinya adalah menjaga agar segala sesuatunya tetap seimbang.

Selain menjalankan rutinitas olahraganya, ia juga memiliki waktu kerja yang panjang serta harus mengurusi pasangan dan hewan peliharaannya.

Meski tampak rumit, namun Jessie menyukainya.

"Aku suka mengatur target-target baru sepanjang waktu sehingga aku bisa terus beradaptasi dengan perubahan," ujarnya.



Terkini Lainnya


Close Ads X