Kompas.com - 19/12/2018, 11:46 WIB
Ilustrasi bopavIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa orang menganggap diet puasa intermiten sebagai salah satu pola makan terbaik untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

Sayangnya, tak semua orang mampu menerapkan pola diet ini. Terkadang, godaan untuk mengonsumsi makanan tertentu datang, yang akhirnya membuat kita melanggar "jendela makan" atau batasan waktu makan yang telah ditetapkan.

Lalu, adakah cara lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat dari puasa intermiten.

Berdasarkan informasi dari Medical News Today, ada cara lain agar kita bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan puasa intermiten, yang disebut dengan "fasting mimicking diet" alias diet menirukan puasa.

Kita hanya perlu menerapkan pola makan rendah protein, rendah lemak tak sehat, dan tinggi lemak sehat.

Ini akan membuat kadar glukosa tubuh menjadi rendah dan meningkatkan tingkat keton tubuh, seperti yang terjadi pada efek puasa intermiten.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada dasarnya, ini adalah versi "menambah sedikit protein" dari diet keto. Para ahli percaya cara ini dapat meningkatkan regenerasi sel kekebalan dan memberi usia panjang seperti yang disebut sebagai manfaat diet puasa.

Baca juga: Waspadai, Diet Intermittent Picu Risiko Diabetes

Para ahli memang menekankan perlunya hasil klinis untuk mengonfirmasi lebih lanjut manfaat dari pola diet ini.

Tapi bagaimanapun juga, pola diet ini masih patut dicoba karena mengandung efek negatif yang lebih kecil daripada diet puasa.

Riset menunjukan riset diet puasa intermittent dapat merusak pankreas dan memengaruhi fungsi insulin, yang berpotensi pada pengembangan penyakit diabetes tipe 2. Bahkan, diet puasa interminten dianggap kurang efektif untuk jangka panjang.



Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X