Untuk Hidup yang Lebih Sehat di 2019

Kompas.com - 03/01/2019, 17:16 WIB
gerakan squatg-stockstudio gerakan squat

KOMPAS.com - Mengubah diri menjadi lebih sehat merupakan resolusi yang banyak dimiliki setiap awal tahun. Sebenarnya tak sulit untuk meraihnya. Kami bantu dengan beberapa tips berikut:

1. Lakukan push-ip 10 kali setiap hari
Tak perlu melakukannya sekaligus. Bahkan, lakukanlah walau lututmu masih harus menyentuh lantai.

Jika masih terasa berat, kamu dapat menggantinya dengan 10 kali squat. Melakukan latihan kekuatan dan ketahanan dapat menurunkan resiko kematian karena serangan jantung.

2. Jika kamu menginginkan sebotol soda, minumlah segelas air
Riset membuktikan bahwa minuman yang mengandung gula mengingkatkan resiko kegemukan serta penyakit jantung dan diabetes.
    
Dalam 20 ons soda terkandung 240 lebih kalori di dalamnya. Hal tersebut tidak membuatmu merasa lebih kenyang dan kamu tidak akan makan lebih sedikit.

3. Ngobrol dengan 10 orang baru setiap harinya
Berbagai riset telah membuktikan bahwa interaksi langsung dapat memperpanjang umur.

4. Minum air soda sebelum minum wine
Mengonsumsi soda sebelum pergi ke pesta dapat mengurangi wine yang akan kamu minum. Minumlah segelas sebelum kamu pergi ke pesta secara berturut-turut. Segelas soda mengandung 110 kalori. Dalam 10 pesta yang didatangi, maka 100 kalori x 10 = 1,100 kalori. Cukup mudah bukan?

Ilustrasi deteksi kanker payudaraShutterstock Ilustrasi deteksi kanker payudara

5. Bertanya ke keluarga tentang riwayat kesehatan
Pemahaman kita tentang riwayat kesehatan keluarga bisa saja salah. Tak ada salahnya untuk menanyakan hal tersebut. Tentu kita tidak dapat mengubah susunan gen dalam tubuh. Akan tetapi, mengetahui masalah kesehatan yang dialami keluarga dapat memberikan gambaran sehingga kita bisa menyesuaikan pola hidup.

6. Pilih piring yang lebih kecil
Setelah tahun 1950, ukuran piring rata-rata semakin membesar sekitar 25 persen. Dengan menggunakan piring yang lebih besar, masuk akal jika kamu akan menaruh lebih banyak makanan di atasnya. Cobalah untuk menggunakan piring yang lebih kecil dari 25cm.

7. Jika sedang marah, hitunglah sampai 10 dengan lambat
Risiko serangan jantung lima kali lebih besar dalam dua jam setelah kamu marah. Jangan lupa untuk menghitung sambil mengatur pernafasan ketika rasa ingin marah-marah muncul.

8. Catatlah apa yang dimakan ke food diary
Kamu misa mengambil foto, mencatatnya, atau bahkan menggunakan aplikasi untuk mencatat apa saja yang masuk ke dalam mulut.

Dengan memantaunya, selain lebih peduli dengan apa yang kamu makan, juga akan membuatmu untuk memilih makanan yang lebih sehat.

9. Ikut kelas yoga sebanyak 10 kali
Berkomitmenlah untuk datang pada setiap pertemuan. Melakukan yoga dengan konsisten akan membuatmu tidur lebih nyenyak, menurutnkan stres, mengurangi sakit punggung, dan banyak lagi.

10. Lakukan hal berikut:
Selain sembilan hal di atas, tak ada salahnya untuk melakukan kunjungan ke ginekolog (untuk penyakit sistem reproduksi wanita), ke dokter kulit untuk pemeriksaan kulit secara menyeluruh, dan memeriksa usus besar atau kolonoskopi (untuk orang usia 50 tahun keatas).
    
Memeriksa kepadatan tulang, memeriksa gigi, vaksinasi, pemeriksaan tahunan (ke dokter keluarga), dan merencanakan liburan juga dapat membuatmu lebih sehat di tahun yang baru ini.  (Aldo Christian Sitanggang)



Sumber

Close Ads X