Berapa Banyak Kalori yang Dibakar Oleh Otot Setiap Hari?

Kompas.com - 29/01/2019, 16:21 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Otot ternyata membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan lemak. Pasalnya, otot lebih aktif secara metabolik daripada lemak.

Bisa disimpulkan bahwa semakin banyak otot yang dimiliki, maka akan semakin banyak kalori yang dibakar. Lantas, seberapa banyak kalori yang dibakar oleh otot?

Otot kerangka (skeletal) merupakan pembakar lemak alami tubuh. Otot ini bertugas untuk mengendalikan pergerakan kita sehari-hari. Biasanya otot kerangka melekat pada dua tulang di sendi agar kita bergerak dengan lebih mudah.

Otot ini secara konstan menggunakan lemak dan karbohidrat untuk membuat tubuh tetap hangat dan memberi energi untuk bergerak.

Baca juga: Kapan Saatnya Tubuh Membakar Kalori dengan Maksimal?

Banyak ahli percaya bahwa 0,45 kg otot dapat membakar hingga 50 kalori sehari. Sementara dalam massa yang sama, lemak dikatakan hanya bisa membakar 2 kalori per hari. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang memperkuat dugaan ini.

Setelah itu, muncullah beberapa penelitian baru yang berusaha membuktikannya. Dr. Cedric X. Bryant, ketua the American Council on Exercise kemudian menyatakan bahwa 0,45 kg otot hanya membakar sekitar 6 hingga 7 kalori dalam sehari.

Dikutip dari Verywell Fit, pernyataan ini digaungkan berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh McClave dan Snider pada tahun 2001. Hal senada juga dinyatakan oleh Livestrong bahwa 0,45 kg otot membakar sekitar 6,5 kalori.

Baca juga: Tips Membakar Lemak Sekaligus Membentuk Otot

Namun, sebenarnya tidak ada angka yang pasti mengenai jumlah kalori yang dibakar oleh otot. Pasalnya, ada banyak sekali faktor yang memengaruhi seberapa banyak otot membakar kalori tubuh seperti jenis kelamin, usia, tingkat kebugaran, dan aktivitas keseharian. Tentunya hal ini pun berbeda-beda pada setiap orang.

Latihan kekuatan bantu membentuk otot dan membakar kalori

Push upIbrakovic Push up
Meski kalori yang dibakar tidak sebanyak yang kita duga, latihan kekuatan membantu menghilangkan lemak dan mempertahankan massa otot. Faktanya, mempertahankan massa otot membuat kita menjadi tidak bertambah gemuk seiring dengan bertambahnya usia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X