Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Melasma, Bercak Kecoklatan di Wajah

Kompas.com - 28/02/2019, 11:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Melasma alias bercak-bercak kecoklatan di bagian wajah tentu akan mengganggu penampilan. Apalagi bercak itu tidak bisa dihilangkan dengan krim pencerah kulit.

Melasma bisa muncul seiring dengan pertambahan usia. Kondisi ini 90 persen dialami pada wanita berusia di atas 25 tahun.

Faktor genetik juga berperan. Ini berarti, wanita yang ibu atau saudaranya juga memiliki bercak kecoklatan, lebih rentan mengalaminya.

Penyebabnya sendiri masih belum jelas. Menurut American Academy of Dermatology, melasma terjadi ketika sel-sel pembuat warna di kulit (melanosit) memproduksi terlalu banyak warna.

Orang berkulit gelap lebih rentan terhadap kondisi hiperpigmentasi ini karena melanositnya lebih aktif.

Bercak melasma bisa berwarna kecoklatan hingga abu-abu pada wajah. Kebanyakan muncul di area pipi, batang hidung, dahi, atau bagian atas bibir.

Melasma juga dapat muncul di bagian tubuh lain yang banyak terpapar sinar matahari, seperti lengan atau leher.

Selain sinar ultraviolet, melasma juga bisa timbul karena konsumsi pil KB, pemakaian kosmetik dengan kandungan kimia yang aman, serta pada ibu hamil.

Baca juga: Mana yang Harus Lebih dulu Dipakai, Sunscreen atau Pelembab Wajah?

Pencegahan

Ada beberapa cara untuk menghindari bercak melasma, yang paling penting adalah penggunaan sunscreen, baik pada cuaca panas atau pun berawan.

Selain itu, hindari sengatan sinar matahari langsung. Misalnya dengan menggunakan topi, payung, atau kacamata hitam.

Perhatikan kandungan produk kosmetik atau perawatan kulit yang kita gunakan. Pilih produk yang aman dan terdaftar di Badan POM, serta tentunya sesuai dengan kondisi kulit kita.

Jika sudah terlanjur memiliki melasma, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya melakukan terapi laser di klinik kecantikan.

Klinik Beautylogica baru-baru ini meluncurkan terapi Black Master Laser yang diklaim aman dan bisa mengurangi melasma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com