Kompas.com - 20/03/2019, 05:19 WIB

KOMPAS.com - “Greek coffee” memang mengandung arti kopi Yunani. Tapi, siapa sangka jika itu bukanlah kopi produksi Yunani.

Kata "Greek coffee" dipakai hanya untuk mengungkapkan kopi yang disajikan dengan style Yunani. Namun, kopi yang digunakan tetap produk impor dari berbagai negara.

Meski menduduki peringkat ke-17 sebagai negara peminum kopi terbesar di dunia, Yunani tidak memproduksi kopi di dalam negeri.

Konsumsi kopi tahunan di Negeri Para Dewa ini mencapai 5,4 kilogram per kapita. Dan, seluruh kopi yang dikonsumsi berasal dari negara lain.

Demikian data International Coffee Organization (ICO) tahun 2017.

Baca juga: Senyawa pada Kopi Mampu Menghambat Kanker Prostat

Gerai Indonesia di ajang Athens Food Expo 2019, Athena, Yunani.DOKUMENTASI KBRI ATHENA Gerai Indonesia di ajang Athens Food Expo 2019, Athena, Yunani.

Hal sebaliknya terjadi di Indonesia. Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, kebiasaan minum kopi belum menjadi tradisi di Tanah Air.

Masih berdasarkan data ICO, Indonesia berada pada peringat ke-empat eksportir terbesar di dunia, dengan besaran ekspor mencapai 6,8 juta ton.

Nah, melihat peluang ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena melakukan inisiatif.

Mereka mendatangkan KopiIndonesia, lembaga yang menaungi beberapa usaha kecil dan menengah di bidang kopi untuk ikut serta dalam Athens Food Expo 2019.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, disebutkan, acara ini baru saja ditutup 18 Maret 2019 lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.