Kompas.com - 05/04/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi kulit kering shutterstockIlustrasi kulit kering

KOMPAS.com - Kita semua menghadapi stres, entah itu yang terkait dengan pekerjaan, masalah keluarga, hingga kemacetan di jalan yang seolah tidak ada perbaikan.

Setiap orang tentu tak ingin berteman dengan stres, demikian pula kulit kita. Sebagai organ terbesar di tubuh, kulit juga ikut terkena dampak dari stres berkepanjangan yang kita alami. 

Reaksi kulit terhadap stres bisa terlihat jelas, mulai dari kondisinya yang kusam dan kering, jerawat, bahkan eksim.

“Bagi kulit, stres berpengaruh pada dua kategori, yaitu akut atau kronik. Yang pengaruhnya paling buruk tentu saja stres kronik. Makin lama kita mengalami stres, makin terlihat efeknya di kulit,” kata Dr.Whitney Bowe, ahli dermatologi di New York, AS.

Apa saja yang akan dialami kulit saat kita sedang berjuang melawan stres?

1. Inflamasi

Untuk menjelaskannya, kita perlu memahami kaitan antara kulit, pikiran, dan organ pencernaan. Ketika pikiran kita menghadapi stres, akan terjadi perlambatan pencernaan di usus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makin lama stres itu, makin besar pengaruhnya pada organ pencernaan. Ketika kerja pencernaan melambat, keseimbangan bakteri juga terganggu. Kondisi ini bisa memicu peradangan (inflamasi).

Menurut Bowe, akibat dari inflamasi internal itu adalah kulit menjadi berjerawat atau mengalami eksim, bahkan psoriasis.

Baca juga: Kulit Gampang Berjerawat, Jangan Pakai Riasan Terlalu Lama

2. Kulit kering

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.