Kompas.com - 11/04/2019, 07:33 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Andy Warhol, salah satu seniman Amerika paling terkenal di abad ke-20, adalah seorang kolektor jam tangan.

Namun, setelah Warhol meninggal, satu per satu koleksinya mulai dilelang dan hasilnya digunakan untuk The Andy Warhol Foundation.

Kini, seperti dilansir laman Watch Pro, salah satu arloji Warhol kembali ke pelelangan dan mematok harga lebih tinggi.

Arloji yang kembali dilelang adalah Rolex Oyster Chronographe Anti-Magnetique (ref. 3525, no. 262'191, sekitar tahun 1943) yang sempat dimiliki Warhol dan akan dilelang di Rare Watch Auction, Jenewa pada 12 Mei 2019.

Arloji pink gold ini dianggap langka dan menarik, sehingga diperkirakan harganya dimulai dari 200.000 - 300.000 dolar AS, atau Rp 2,8 - 4,2 miliar.

Arloji Rolex milik Andy Warhol yang akan dilelang pada Mei 2019Watch Pro Arloji Rolex milik Andy Warhol yang akan dilelang pada Mei 2019

Arloji tersebut merupakan satu dari sekian banyak barang, termasuk karya seni Warhol yang sempat dilelang, sesaat setelah seniman tersebut meninggal. 

Lelang sebelumnya dilakukan New York Sotheby antara 23 April dan 3 Mei 1988. Tak berhenti di situ, lelang kemudian diadakan lagi pada 4 Desember 1988.

Laman The New York Times saat itu mengatakan, lebih dari 7.000 kolektor dan penawar datang ke Sotheby untuk lelang 1988.

Penjualan barang milik Warhol mencapai 5,3 juta dolar AS atau Rp 75,1 miliar--lebih dari dua kali perkiraan rumah lelang Sotheby.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Watch Pro
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.