Kompas.com - 29/04/2019, 11:00 WIB
Seekor anjing bermain di Paws Dog?s Dream Park, Mal Kelapa Gading Aldo C.S.Seekor anjing bermain di Paws Dog?s Dream Park, Mal Kelapa Gading

KOMPAS.com - Walau mendapat predikat sebagai sahabat terbaik manusia, nyatanya banyak anjing yang memiliki hidup nestapa bersama pemiliknya.

Tak sedikit pemilik anjing yang memelihara binatang ini karena ikutan tren dan tidak benar-benar mencintainya. Ketika anjing peliharaan mereka sakit dan tidak terlihat “lucu” lagi, binatang ini pun ditelantarkan begitu saja, bahkan dibuang.

“Karena memelihara anjing bukan dari hati, maka ketika anjingnya sakit mereka lebih suka membuangnya dan membeli yang baru dari pada mengeluarkan uang banyak untuk pengobatan,” kata Christian Joshua Pale, pendiri Animal Hope Shelter, penampungan hewan terlantar.

Pria yang akrab dipanggil Pale ini menuturkan, banyak penelantar anjing itu yang lupa bahwa di jalanan nasib binatang ini justru bertambah buruk.

“Anjing-anjing yang hidup liar di jalanan sering mendapat perlakuan kejam. Ada yang dipukul, disiram air panas, bahkan dibacok,” katanya ketika ditemui di sela acara Pawards  di mal Central Park Jakarta (27/4/2019).

Di lahan seluas 2.500 meter persegi di daerah Gunung Sindur Tangerang, Animal Hope Shelter menampung ratusan anjing terlantar yang sakit untuk diobati sampai sembuh. 

Baca juga: Memelihara Anjing Tak Cukup Bermodalkan Rasa Sayang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pale mengatakan, seperti manusia, anjing pun bisa menderita penyakit, termasuk mengidap kanker dan tumor.

Dengan pengobatan medis dan kasih sayang, anjing-anjing itu sebenarnya bisa sembuh dan kembali riang.

“Saya sudah membuktikan, setelah diselamatkan (rescue), mereka bisa sembuh. Perubahannya bagai bumi dan langit dengan sebelum di-rescue,” kata Pale.

 

Anjing yang mengikuti kompetisi di acara Dog Does Disco Pawards di mal Central Park Jakarta (27/4/2019).Kompas.com/Lusia Kus Anna Anjing yang mengikuti kompetisi di acara Dog Does Disco Pawards di mal Central Park Jakarta (27/4/2019).

Bukan hanya makan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.