Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aturan Membersihkan Wajah Agar Kulit Tak Bermasalah

Kompas.com - 11/05/2019, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Membersihkan wajah dengan cara yang benar menjadi langkah awal agar kulit tetap sehat dan bebas masalah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara dan tahapannya. Jika kamu termasuk salah satunya, simak ulasan berikut ini.

Membersihkan wajah merupakan serangkaian proses yang terlihat mudah tetapi cukup banyak yang keliru melakukannya. Banyak orang menganggap mencuci muka muka dengan air saja sudah cukup mengangkat kotoran, padahal faktanya tidak.

Agar kulit bersih dan terlindungi dari masalah, berikut fakta penting seputar cara membersihkan wajah yang benar:

1. Mengetahui jenis kulit

Hal penting pertama yang perlu diketahui sebelum membersihkan wajah adalah jenis kulit. Dengan mengetahui jenis kulit, kita bisa menentukan produk pembersih wajah yang sesuai.

Ini karena di pasaran banyak sekali jenis pembersih wajah yang dijual sesuai kondisi kulit seseorang. Tanpa produk yang tepat, kulit wajah bisa tetap bermasalah meski cara membersihkan telah benar.

Menemukan produk yang tepat sesuai jenis kulit tak hanya membuat wajah bersih tetapi juga ternutrisi dengan baik.

Baca juga: Tiga Langkah Mudah Mengetahui Jenis Kulit

2. Mencuci muka dua kali sehari

Pastikan untuk mencuci muka dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Jangan melewatkannya agar wajah tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Meski kelihatannya bersih, di pagi hari kulit wajah biasanya tertutup oleh minyak yang diproduksi saat tidur. Sementara di malam hari, kita wajib membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran setelah seharian beraktivitas.

Namun, jangan terlalu sering mencuci muka karena kulit wajah justru bisa kering. Selain itu, kulit juga bisa mengalami iritasi akibat kandungan bahan yang ada di dalam sabun.

Baca juga: Berapa Kali Sehari Kita Perlu Mencuci Muka?

3. Gunakan sabun pembersih

Mencuci muka dengan air saja tak cukup mengangkat kotoran dan riasan yang menempel. Apalagi jika kamu memiliki kulit wajah berminyak. Untuk itu, sebaiknya gunakan sabun pembersih yang sesuai dengan kondisi wajah.

Sebelum menggosoknya ke wajah, busakan sabun di tangan terlebih dahulu. Kemudian, pijatkan perlahan ke seluruh bagian wajah. Membersihkan wajah dengan cara ini membantu bahan aktif dalam sabun menyerap dengan maksimal ke dalam kulit.

Pada orang yang tidak menggunakan make up dan sebagian besar kegiatannya berada di ruangan, membersihkan wajah dengan air dan sabun saja sudah cukup.

Baca juga: Kulit Kering, Bisa Jadi karena Salah Pilih Sabun...

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com