Kompas.com - 29/06/2019, 17:00 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com – Buku adalah jendela dunia. Buku juga warisan yang tidak bisa digantikan dengan yang lain. Untuk itu harus selalu dirawat.

Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia, penyelenggara Big Bad Wolf, Uli Silalahi membagikan empat tips cara merawat buku.

1. Sering Dibuka

Agar tidak lapuk dan kotoran masuk ke dalam buku, maka buku harus sering dibuku. Jadi, meski buku tersebut sudah selesai dibaca, tetaplah buka-buka buku tersebut.

“Kalau tidak sering dibuka buku biasanya jadi kuning dan bintik-bintik. Itu susah diperbaiki,” ujar Uli kepada Kompas.com, Jumat (28//6/2019).

2. Jangan sobek

Buku yang copot dari lemnya lebih mudah diperbaiki dibanding buku yang sobek. Untuk itu, upayakan buku tidak sampai tersobek.

Hindari pula melipat-lipat buku. Sebaiknya gunakan pembatas buku untuk menandai sampai di mana bacaan.

Suasana bazar buku Big Bad Wolf di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat. Dok BIG BAD WOLF Suasana bazar buku Big Bad Wolf di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

3. Rak Buku

Pajanglah buku di rak yang memanjang ke atas. Hal itu untuk mengurangi ruangan yang terpakai.

"Jadi, kalau mau buat rak buku, pentokin sampai dinding atas untuk menghemat tempat. Jangan buat yang melebar ke samping," ucapnya.

4. Menata Buku

Tatalah buku sesuai selera dan memudahkan pemiliknya. Penataan buku bisa berdasarkan abjad, warna, hingga judul buku. 

Baca juga: Cerita Ridwan Kamil dan Hengky Kurniawan soal Kecintaan pada Buku

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.