Kompas.com - 03/07/2019, 10:45 WIB
Ilustrasi minum kopi SPmemoryIlustrasi minum kopi

KOMPAS.com - Banyak orang merasa pagi harinya tak lengkap tanpa secangkir kopi. Beberapa orang bahkan bisa mengonsumsi hingga gelas ketiga, keempat, bahkan lebih.

Jika kamu salah satunya, mungkin kamu pernah berpikir, apakah kebiasaan tersebut aman untuk kesehatan tubuh?

Sebelumnya, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari William Harvey Research Insitute, Queen Mary University mengungkapkan, 25 kopi cangkir kopi dalam sehari masih dianggap jumlah moderat dan tidak mengganggu kesehatan.

Lebih jauh, beberapa informasi menyebutkan, bahwa minum kopi dalam jumlah tersebut per harinya memberi efek yang sama pada pembuluh arteri dengan konsumsi segelas kopi.

Namun, rupanya penjelasannya tidak sesederhana itu.

Baca juga: Minum Kopi 25 Gelas Sehari, Masih Oke untuk Kesehatan, Benarkah?

Dalam sebuah studi yang dipresentasikan di British Cardiovascular Society Conference, para peneliti membagi 8.500 partisipan studi ke dalam tiga kelompok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelompok pertama adalah mereka yang minum satu cangkir per hari dan kelompok kedua adalah yang minum tiga atau beberapa cangkir per hari. Sementara kelompok ketiga adalah mereka yang minum lebih dari tiga cangkir per hari.

Orang-orang yang minum kopi hingga 25 cangkir per hari, sebetulnya tidak termasuk ke dalam analisa tersebut. Namun mereka termasuk ke kelompok ketiga.

Rata-rata terbanyak konsumsi kopi yang dilaporkan adalah lima cangkir per hari (tanpa definisi ukuran cangkir yang jelas). Ada lebih dari 1.500 orang pada kelompok tersebut yang melaporkan minum antara tiga hingga 25 cangkir per hari.

Ketika para peneliti membandingkan kelompok-kelompok tersebut, mereka menemukan kurang dari 1 persen perubahan dalam kekakuan pembuluh arteri pada mereka yang masuk kelompok pertama dan kedua. Hal yang sama berlaku untuk kelompok dengan konsumsi kopi terbanyak.

Baca juga: Demi Kesehatan Jantung, Ketahui Batas Aman Konsumsi Kopi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.