Kompas.com - 13/07/2019, 11:01 WIB
Ilustrasi anak gembira pat138241Ilustrasi anak gembira
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Libur sekolah sebentar lagi usai. Sebagian anak akan kembali ke sekolah dan sebagian lain untuk pertama kalinya memasuki tahapan baru ini.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kitaa untuk memastikan anak tetap sehat, terutama agar tak terjangkit penyakit saat berada di sekolah.

Selain di rumah, anak juga akan menghabiskan banyak waktu di sekolah. Berinteraksi dengan murid-murid lain bisa membuat anak rentan terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut.

Anak-anak rentan untuk terinfeksi berbagai penyakit, apalagi saat berada di sekolah. Sebab, daya tahan tubuh mereka belum seperti orang dewasa. Walau begitu, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan, untuk membantu anak tetap sehat. Berikut tips yang disarankan:

Ajari anak untuk mencegah flu dan pilek

Flu dan pilek merupakan penyakit yang kerap menyerang semua kalangan, terutama anak-anak. Untuk mengurangi risiko tertular flu dan pilek, kita dapat mengajari anak mencuci tangan dengan benar terutama setelah dari toiet, setelah kontak dengan hidung, sebelum dan sesudah makan, serta mengingatkan anak untuk tidak menyentuh mata.

Kita juga bisa mengajari mereka cara batuk dan bersin yang benar, yakni dengan menutup mulut dengan tisu atau lengan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengatur jadwal tidur anak

Anak-anak membutuhkan durasi tidur sekitar 9-11 jam, dalam satu hari. Durasi tidur yang cukup tersebut tidak hanya menjaga kesehatan anak secara keseluruhan, namun juga membantunya untuk belajar dengan optimal di sekolah.

Pastikan menjaga kamar anak senyaman mungkin, untuk memudahkannya terlelap. Sampaikan pula aturan penggunaan telepon pintar dan alat elektronik di rumah, agar anak memahami waktu untuk tidur.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.