Kompas.com - 12/08/2019, 13:59 WIB
Ilustrasi deterjen bubuk dan cair shutterstockIlustrasi deterjen bubuk dan cair
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika mencuci, ada banyak hal yang kita perlu perhatikan. Mulai dari kecepatan putaran mesin cucinya, suhu air, memisahkan jenis-jenis pakaian tertentu ketika mencuci, dan lainnya.

Sebab jika dilakukan sembarangan, kita berpotensi merusak mesin cuci dan juga barang yang dimasukkan ke dalamnya. Sama halnya dengan memilih deterjen.

Lalu, deterjen mana yang sebaiknya kita pilih, deterjen bubuk atau cair? Berikut beberapa pertimbangannya:

1. Harga

Seperti dilansir dari Reader's Digest, harga deterjen bubuk yang lebih murah memang kerap menjadi faktor banyak orang lebih memilih deterjen bubuk. Mengapa deterjen bubuk lebih murah?

Sebab, menurut manager of application and technical service Pilot Chemical, Shoaib Arif, untuk membuat deterjen cair diperlukan lebih banyak bahan kimia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Jenis noda

Surfaktan dalam deterjen bubuk satu tingkat dengan alkylbenzene sulfonate, yang sangat efektif untuk noda-noda luar ruangan, seperti lumpur, tanah atau rumput.

Sementara kebanyakan deterjen cair mengandung alcohol ethoxylates yang efektif untuk menghilangkan noda minyak.

Sehingga jika kamu ingin mengilangkan noda luar ruangan, deterjen bubuk adalah pilihan yang lebih tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X