Mengenal Diet Ketofastosis, Apa Bedanya dengan Diet Ketogenik?

Kompas.com - 03/09/2019, 06:06 WIB
Ilustrasi diet keto dan puasa shutterstockIlustrasi diet keto dan puasa
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berat badan berlebih menjadi musuh bagi sebagian orang. Impian memiliki berat badan yang ideal pun berusaha diwujudkan dengan melakukan diet.

Salah satu diet yang kini paling banyak digemari adalah diet ketogenik atau keto. Seiring waktu berjalan, muncul varian diet ketogenik baru, yaitu diet ketofastosis, yang dianggap lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

Meski ketofastosis seringkali dianggap sama dengan diet ketogenik, keduanya merupakan hal yang berbeda. Untuk membedakan kedua diet ini, simak penjelasan berikut.

Diet ketofastosis adalah diet yang menggabungkan diet ketogenik (rendah karbohidrat) dengan fastosis (fasting on ketosis).

Jadi, pada diet ini, kita akan menjalankan puasa dalam keadaan ketosis karena hanya mengonsumsi sedikit karbohidrat, atau bahkan tidak sama sekali.

Ketosis merupakan keadaan di mana tubuh tidak memiliki cukup karbohidrat untuk membakar energi. Oleh karena itu, tubuh akan membakar lemak sebagai gantinya dan memproduksi zat yang disebut keton sebagai energi.

Ketika melakukan diet ketofastosis, tubuh akan membakar lebih banyak lemak daripada diet keto biasa.

Hal ini bukan tanpa alasan karena puasa dalam diet ketofastosis dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh mulai menggunakan simpanan lemak yang ada untuk dibakar.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkap bahwa puasa dalam diet ketofastosis aman menurunkan kelebihan berat badan, mampu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan, dan meningkatkan energi.

Baca juga: 6 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melakukan Diet Ketogenik

Perbedaan diet ketofastosis dengan diet ketogenik

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X