Virgil Abloh Digugat karena Dituding Curi Foto

Kompas.com - 03/09/2019, 21:21 WIB
Founder Off-White, Virgil Abloh PAUL JEONG/HYPEBEASTFounder Off-White, Virgil Abloh

KOMPAS.com - Desainer Virgil Abloh dituntut pelanggaran hak cipta, karena memosting foto Bella Hadid.

Dilansir laman The Fashion Law, menurut gugatan yang diajukan Jawad Elatab di pengadilan federal New York pada hari Jumat, Virgil memposting foto Hadid tengah membawa koper kolaborasi antara Off-White dan Rimowa ke akun Instagram-nya tanpa membayar lisensi foto kepada fotografer sebagai pemegang hak cipta atau memperoleh "izin atau persetujuan untuk menerbitkan foto di Instagram Story-nya."

Hal ini berbeda dengan Vogue dan Daily Mail yang melisensikan gambar dari Elatab (yaitu, menandatangani kontrak di mana fotografer memberikan hak khusus kepada pihak lain untuk menggunakan gambarnya dalam kapasitas tertentu dengan imbalan kompensasi)--melalui agen foto Backgrid.

Baca juga: Akun Instagram Virgil Abloh Dibajak, Apa Jadinya?

Fotografer yang berbasis di New York itu juga mengklaim menjadi pemilik tunggal dari semua hak, judul, dan minat pada dan terhadap foto tersebut, termasuk hak cipta di dalamnya--sebagai individu yang mengambil foto itu.

Ini berarti, Elatab sebagai pemegang hak cipta, memiliki hak eksklusif untuk menampilkan gambar, dan mendistribusikan salinannya kepada publik melalui penjualan atau bentuk transfer lain, seperti lisensi.

Dengan mengingat hal itu, Elatab mengklaim bahwa "Canary Yellow (perusahaan Abloh) tidak atau tidak pernah, berlisensi atau diizinkan untuk mereproduksi, menampilkan, mendistribusikan, dan/atau menggunakan foto itu secara publik."

Sayangnya, Virgil belum buka suara soal gugatan hukum tersebut.

Baca juga: Brand Off-White Hasil Curian, Virgil Abloh Hadapi Gugatan Hukum

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Hypebeast
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X