Mulai Berlari di Usia 50 Tetap Bermanfaat untuk Kesehatan

Kompas.com - 22/09/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi orang tua olahraga RidofranzIlustrasi orang tua olahraga

KOMPAS.com - Banyak orang bilang tidak ada kata terlambat untuk mulai rutin berolahraga. Nampaknya, hal tersebut bisa kita percayai kebernarannya.

Riset yang diterbitkan dalam Frontiers in Physiology mengatakan, rutin berolahraga lari setelah berusia 50 tahun tetap bisa mendapatkan tubuh ideal dan peforma atletik yang serupa dengan mereka yang mulai berlari di usia muda.

Dalam riset ini, peneliti menganalisis 150 pelari berusia rata-rata 68 tahun.

Peneliti mengategorikan peserta menjadi dua kelompok, pertama mereka yang telah rutin berlari sejak muda dan kedua, mereka yang baru mulai rutin berlari saat memasuki usia 50 tahun.

Baca juga: Tips Lari untuk Pemula agar Tidak Kapok

Peneliti tidak hanya membandingkan antara dua kelompok tersebut, tapi juga membandingkan hasil analisis peserta dengan 59 orang berusia rata-rata 73 tahun yang tak pernah melakukan olahraga.

Hasilnya, peserta yang baru mulai berlari sejak usia 50 tahunan memiliki presentase lemak tubuh dan otot kaki yang serupa dengan peserta yang telah memulai olahraga lari sejak berusia 18 tahun.

Bahkan, peforma atletik peserta yang rutin berolahraga lari sejak usia muda serupa dengan mereka yang rutin berlari sejak usia 50 tahunan.

Semua peserta dalam riset ini adalah pria yang berlari secara intensif selama lima hingga enam hari dalam seminggu.

Hasil riset ini menjadi bukti tidak ada kata terlambat untuk memulai olahraga lari.

Baca juga: Awet Muda Hingga Sehatkan Jantung, Ini 8 Manfaat Lari Pagi

Roy Englert, yang dikabarkan baru memulai olahraga lari sejak usia 60 tahunan, berhasil memecahkan rekor dunia dalam maraton USATF Masters Outdoor Championships kategori 5K untuk kelompok usianya.

Ia berhasil menaklukan jarak 5000 meter dengan catatan waktu 42:39:23, 8 menit lebih cepat dari catatan waktu sebelumnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X