Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 13/02/2023, 05:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Lari merupakan salah satu olahraga yang paling praktis untuk dilakukan dengan segudang manfaat bagi tubuh. Selain berguna untuk menambah stamina, lari dapat membantu melatih daya tahan jantung dan paru-paru kita.

Meskipun praktis dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan khusus, lari bisa menjadi olahraga yang sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsistensi dan motivasi yang stabil. Untuk itu, ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar tidak kapok.

1. Mulailah berlari dengan jarak pendek

Kesalahan pertama yang kerap kali dilakukan saat pertama kali berlatih lari adalah memilih jarak lari yang terlalu panjang. Para pelari baru memang biasanya memiliki semangat yang tinggi untuk dapat memecahkan target rute dan jarak tempuh larinya.

Sayangnya, semangat ini malah melupakan daya tahan dan kemampuan yang dimiliki saat itu. Untuk itu, mulailah dengan jarak yang lebih pendek dan durasi yang tidak terlalu lama. Temukan kenyamanan dan berikan waktu pada tubuh untuk beradaptasi pada aktivitas ini.

Baca juga: Baru Memulai Olahraga Lari? Ikuti 5 Tahapan Ini

2. Jangan berlari terlalu cepat

Ketahuilah bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dan menyesuaikan kerja dan aktivitasnya pada latihan lari. Untuk itu, mulailah dengan intensitas lari yang ringan hingga sedang.

Berlari terlalu cepat akan membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga kamu kesulitan mencapai target lari yang diinginkan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk menjaga kecepatan dan dalam berlari serta nikmati tiap gerakan dan langkah yang kamu ambil.

3. Berikan istirahat yang cukup untuk tubuh

Saat berhasil melalui latihan pertama dengan sukses, kamu tentu akan bersemangat untuk melanjutkan latihan keesokan harinya.

Hal ini baik sebagai bentuk konsistensi, tetapi sebaiknya kamu memberikan waktu setidaknya satu hari untuk tubuh beristirahat dan mendapatkan relaksasi. Cara ini penting untuk menghindari munculnya cedera olahraga dan mengoptimalkan perkembangan otot tubuh.

4. Larilah perlahan dengan langkah kecil

Lari dapat dikategorikan sebagai olahraga yang cukup menantang. Pasalnya, bagi para pemula yang tidak memahami teknik yang tepat, lari akan menjadi aktivitas yang sangat menguras energi. Inilah yang membuat aktivitas lari menjadi lebih melelahkan dan sulit untuk dilakukan dengan konsisten.

Untuk itu, perhatikan kecepatan dan langkah dalam berlari. Pastikan untuk selalu berlari dengan santai dengan postur yang baik. Ambil langkah kecil yang lebih efektif dan hindari melangkah terlalu jauh karena akan lebih banyak menguras energi.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Jogging dan Lari

5. Pilih area lari yang menyenangkan

Kebanyakan para pemula pasti akan mempertanyakan rute seperti apa yang sekiranya cocok dan sesuai untuk mereka pilih. Pada dasarnya, area atau rute lari dapat ditentukan bergantung pada kebutuhan masing-masing.

Lari di sepanjang trotoar perumahan akan menjadi pilihan sederhana yang cukup aman untuk dipilih. Selain itu, rute taman atau hutan kota juga dapat dipilih oleh para pemula. Namun, pada area ini, akan ada risiko cidera seperti tersandung ranting atau batu.

Kamu juga dapat berlari di atas treadmill untuk membiasakan diri lari pada kecepatan tertentu.

Itulah beberapa hal penting seputar tips lari untuk pemula yang perlu kamu ketahui. Sebagai pelari baru, pastikan mengetahui teknik berlari yang tepat agar latihan ini tidak membuatmu jera dan tetap termotivasi untuk dapat konsisten melakukannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com