Tips Lari untuk Pemula agar Tidak Kapok

Kompas.com - 17/09/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi lari coffeekaiIlustrasi lari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Lari merupakan salah satu olahraga yang paling praktis untuk dilakukan dengan segudang manfaat bagi tubuh. Selain berguna untuk menambah stamina, lari dapat membantu melatih daya tahan jantung dan paru-paru kita.

Meskipun praktis dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan khusus, lari bisa menjadi olahraga yang sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsistensi dan motivasi yang stabil. Untuk itu, ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar tidak kapok.

1. Mulailah berlari dengan jarak pendek

Kesalahan pertama yang kerap kali dilakukan saat pertama kali berlatih lari adalah memilih jarak lari yang terlalu panjang. Para pelari baru memang biasanya memiliki semangat yang tinggi untuk dapat memecahkan target rute dan jarak tempuh larinya.

Sayangnya, semangat ini malah melupakan daya tahan dan kemampuan yang dimiliki saat itu. Untuk itu, mulailah dengan jarak yang lebih pendek dan durasi yang tidak terlalu lama. Temukan kenyamanan dan berikan waktu pada tubuh untuk beradaptasi pada aktivitas ini.

2. Jangan berlari terlalu cepat

Ketahuilah bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dan menyesuaikan kerja dan aktivitasnya pada latihan lari. Untuk itu, mulailah dengan intensitas lari yang ringan hingga sedang.

Berlari terlalu cepat akan membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga kamu kesulitan mencapai target lari yang diinginkan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk menjaga kecepatan dan dalam berlari serta nikmati tiap gerakan dan langkah yang kamu ambil.

3. Berikan istirahat yang cukup untuk tubuh

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X