Baru Memulai Olahraga Lari? Ikuti 5 Tahapan Ini

Kompas.com - 02/08/2018, 16:16 WIB
Ilustrasi lari jacoblundIlustrasi lari
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga lari kedengarannya sederhana. Kita tak perlu menyiapkan banyak peralatan dan bisa mulai berlari saat ini juga.

Tapi, faktanya memulai olahraga lari tak semudah kedengarannya. Terutama bagaimana menemukan motivasi untuk lari.

Nah, kamu bisa mengikuti lima tips ini ketika mulai berkomitmen untuk rajin lari.

1. Menemukan sepatu yang tepat

Ilustrasi lari jarak jauhPavel1964 Ilustrasi lari jarak jauh
Menemukan sepatu untuk lari tak sekadar berbelanja mencari sepatu yang enak dilihat, tapi juga harus enak dipakai.

Jika sepatu yang digunakan terlalu sempit, terlalu longgar, alasnya licin, dan lain sebagainya, maka lari kita tak akan menyenangkan. Bisa-bisa, bukannya mendapat kesenangan, kamu malah lecet sepanjang jalan.

Cobalah pergi ke toko sepatu di sekitarmu dan konsultasikan kepada ahlinya untuk menemukan sepatu yang tepat.

Beberapa toko sepatu ternama bahkan memiliki treadmill yang bisa kamu gunakan untuk mencoba berlari dengan sepatu itu.

Ada beberapa faktor yang bisa kamu perhatikan dalam memilih sepatu yang tepat. Pelatih lari di Mile High Run Club, Hollis Tuttle menjelaskan, ketika mencoba sepatu lari pilihlah yang pas dengan kaki. Pas berarti kita masih bisa memasukkan satu jari di bagian belakangnya.

Sepatu yang tepat akan terasa pas di bagian tumit dan bagian tengah kaki, namun masih memiliki ruang di sekitar ujung kaki, sehingga tidak membuat jempol dan jari-jari mengerucut karena sempit.

Ia merekomendasikan agar kita membeli sepatu pada sore atau malam hari ketika ukuran kaki kita lebih besar. Cobalah sepatu kanan dan kiri karena terkadang ukuran kaki tidak sama.

Jika hal itu terjadi, pilihlah ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki yang lebih besar.

Ketika tiba di rumah, pelatih lari John Honerkamp menyarankan kita untuk mencoba sepatu tersebut untuk berlari sebentar. Jika merasa kurang cocok, kamu masih bisa menukarnya. Tapi, ingatlah jangan mengotorinya saat mencoba.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X