Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Creative Week, Gabungan 4 Acara Kreatif Hits di Jakarta

Kompas.com - 24/09/2019, 19:15 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan industri kreatif di Indonesia terbilang positif. Satu di antara tanda positif itu adalah konsistensi gelaran di masing-masing bidang kreatif, seperti mode, kuliner hingga kecantikan.

Di Jakarta, ada empat acara industri kreatif yang konsisten digelar hingga saat ini--Jakarta Fashion Week( JFW), Brightspot, ldeaFest, dan Jakarta Culinary Feastival (JCF). Menariknya, keempat acara itu ada di bulan sama--Oktober.

Alih-alih bersaing, mereka justru berkolaborasi dengan memunculkan gerakan lndonesia Creative Week (lDCWeek).

IDC Week pertama kali muncul pada 2018 yang diinisiasi JFW, Brightspot dan IdeaFest. Tahun ini, gerakan itu kian lengkap dengan kehadiran JCF.

“Daripada berpotensi konflik, kami justru mencoba kolaborasi,” ujar Ben Soebiakto, Co-Chairman ldeafest, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Berkacamata Hitam dan Boots, Menteri Susi Hebohkan Panggung JFW 2019

12 mahasiswa Binus Northumbria School of Design berkesempatan memamerkan karya busana ready-to-wear terinspirasi motif batik dari kota Lasem, Jawa Tengah dalam Fashion Tent Jakarta Fashion Week 2019 Senayan City (23/10/2018).Dok. BNSD 12 mahasiswa Binus Northumbria School of Design berkesempatan memamerkan karya busana ready-to-wear terinspirasi motif batik dari kota Lasem, Jawa Tengah dalam Fashion Tent Jakarta Fashion Week 2019 Senayan City (23/10/2018).
Sementara itu, menurut Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week sekaligus CEO GCM Group mengungkapkan, keempat acara itu memiliki kemasan dan agenda berbeda, namun memiliki segmen sama.

Pelaku industri kreatif, lanjut Svida, akan lebih leluasa untuk mengeksplor konten dan kreasi jika antara keempat wadah ini bukan berkompetisi, melainkan membentuk sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan.

“Dengan demikian, dampak yang didapat akan lebih signifikan,” ujar Svida.

Ada pun gagasan besar dari IDC Week, lanjut Ben, membuat suguhan menarik selama bulan Oktober. Masyarakat bisa mengeksplorasi dan menikmati acara-acara industri kreatif.

Baca juga: Bertemu Koki Michelin Star dan 7 Alasan Menariknya Jakarta Culinary Festival

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kedua kanan) dan Co Founder Ideafest Bernhard Subiakto (kiri) membeli jaket dalam pameran Ideafest 2018 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018). Presiden berharap Ideafest dapat menjadi wadah untuk mendorong lahirnya berbagai inovasi berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kedua kanan) dan Co Founder Ideafest Bernhard Subiakto (kiri) membeli jaket dalam pameran Ideafest 2018 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018). Presiden berharap Ideafest dapat menjadi wadah untuk mendorong lahirnya berbagai inovasi berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
“Kami mau bikin ini jadi agenda nasional. Setiap bulan Oktober, bisa datang ke Jakarta untuk menikmati acara-acara dari industri kreatif ini,” kata Ben.

lDCWeek tahun ini akan dimulai dengan Brightspot, IdeaFest, dan Jakarta Culinary Feastival yang dilaksanakan berbarengan sepanjang 3-6 Oktober 2019, secara berurutan di District 8, Jakarta Convention Center, dan Senayan City.

Sementara itu, Jakarta Fashion Week akan dilangsungkan di Senayan City sepanjang 19-25 Oktober 2019.

Baca juga: IdeaFest Kembali Digelar Oktober, Serukan Semangat #KebanggaanIndonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com