Kisah Wisni 7 Tahun Pakai Kutu Baru dan Batik, Dibully hingga Difollow

Kompas.com - 03/10/2019, 06:06 WIB
Wisni Indarto selama tujuh tahun terakhir mengenakan kutu baru dan batik setiap harinya dalam segala situasi dan suasana. Dok WISNI INDARTOWisni Indarto selama tujuh tahun terakhir mengenakan kutu baru dan batik setiap harinya dalam segala situasi dan suasana.

BANDUNG, KOMPAS.com – Pernahkah membayangkan menggunakan kutu baru dan kain tradisional setiap hari di jaman sekarang? Itulah yang dilakukan Wisni Indarto (38 tahun).

Selama tujuh tahun terakhir, setiap hari ia mengenakan atasan kutu baru yang dipadupadankan dengan kain, batik, serta sneakers. Bahkan bila melihat lemarinya, nyaris tak ada baju lain.

“Saya suka olahraga. Jadi di luar kutu baru dan batik, paling hanya baju olahraga,” ujar Wisni saat dihubungi Kompas.com, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Rabu (2/1/2019).

Wisni mengungkapkan, keputusannya untuk mengenakan kutu baru dan batik setiap hari, karena kecintaannya terhadap pakaian nasional tersebut. Hal ini diperkuat dengan komplain suaminya.

Suatu hari, suami Wisni, Doni Indrarto, memerhatikan pakaian yang dikenakan sang istri kemudian memprotesnya dan disebut salah kostum.

“Tapi saat saya pakai kutu baru dia ga pernah comment (negatif). Paling berkata, bagus,” tuturnya.

Meski nyaman di mata suami dan dirinya, pandangan sinis ia peroleh di tahun-tahun awal. Banyak orang yang membully Wisni.

“Sering disebut planet dari manalah, bajunya kok kaya begini, abis dari kondangan? Dan lainnya,” ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

17919 : "Selasa Berkebaya Plus Camping/Cetok" . ???? : 17 September 2019 Selasa Pagi . . . Saat jalan menuju rumah pulang misa harian pagi, Eeh Bibi yang bersih2 taman lewat, sini atuh bi jgn minggir minggir jalanya pinhem camping/cetoknya sini ???? . ootd Kutubaru Sifon , WDrupadi Curita Angkin by @saung_batik_wdrupadi, Kenain sarung lilit by Wisni Indarto . . . Identitasku . Identitasku adalah Indonesia, kaya warna budaya mengekspresikan keelokan dalam keanekaragaman yang DIA ciptakan. . Busanaku identitasku, Perempuan dalam balutan kain kebaya menguatkan jati diriku sebagai perempuan Indonesia . . . #ootd#kutubarumilenial #selasaberkebaya #roklilitjumputanmotifmatahari #selasaberkebaya #wdruparokliliet #2019#vintage #istafashion #ootdidku #angkinkekinian #angkinjumputan #mystyle #wisnikebaya #kebayakutubarulawas #wisnisarung #wisnijarik #tenunsumba #batikcap #motifparang #cintabatik #wdrupadigayatrirokkainutuh #rokbatik #perempuanindonesia #saungbatikwdrupadi #kebayawdrupadi #rokkainutuh #wdrupadikainutuh #saungbatikwdrupadi #igfashion #batik

A post shared by Wisni Indarto WDrupadi (@wisni_w_drupadi) on Sep 16, 2019 at 5:37pm PDT

Meski dianggap aneh, Wisni bergeming. Semakin dibully, ia akan semakin menunjukkan konsistensinya mengenakan pakaian ciri khas budaya Indonesia yang harus dilestarikan tersebut.

Kecintaannya pada budaya ini pula yang membuatnya tak pernah merasa risih. Bahkan ia senang saat ada orang yang beranggapan ia pulang kondangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X