Kompas.com - 05/10/2019, 22:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Usia ideal menikah, mungkin sering dipertanyakan banyak orang. Terutama di Indonesia, yang menjadi tempat pertanyaan, “Kapan kawin?” sering diajukan.

Banyak yang menganggap, dirinya masih terlalu muda untuk menikah. Sementara itu di sisi lain, pada usia yang sama, seseorang dianggap sudah pantas untuk menikah.

Dari sisi kesehatan dan sosial, usia ideal menikah sudah cukup sering dikaji. Hasilnya ternyata  berbeda dari usia legal menikah di Indonesia. Di sini, usia legal menikah untuk perempuan adalah 16 tahun, dan 19 tahun untuk laki-laki.

Sementara berdasar kajian, usia ideal menikah sebenarnya adalah pada pertengahan usia 20an hingga pertengahan usia 30an.

Berdasarkan penelitian yang dimuat di Institute for Family Studies, menikah di usia terlalu muda, sangat berisiko tinggi terhadap perceraian.

Tren perceraian tersebut kemudian terus berkurang seiring bertambahnya usia orang yang menikah. Namun, angka perceraian kembali mengalami sedikit peningkatan, pada kelompok orang yang menikah pada usia pertengahan 30an.

Pada hasil penelitian disebutkan, setelah menikah selama lima tahun, pasangan yang menikah di usia remaja memiliki risiko perceraian sebesar 32%.

Sementara itu, pasangan yang menikah di usia 20an awal, risiko perceraiannya menurun menjadi 20%.

Baca juga: 7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Berumah Tangga

Risiko perceraian kembali turun pada pasangan yang menikah di usia 25-29 tahun, yaitu sebesar 15%. Risiko terendah, dipercaya dimiliki oleh pasangan yang menikah di usia 30-34 tahun, yaitu sebesar 14%.

Setelah itu, pasangan yang menikah untuk pertama kali pada usia 35 tahun ke atas, memiliki kenaikan risiko perceraian, menjadi 19% selama lima tahun pertama pernikahan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.