Sulli dan Depresi yang Mendorongnya untuk Bunuh Diri

Kompas.com - 15/10/2019, 08:37 WIB
Penyanyi asal Korea Selatan Sulli SoompiPenyanyi asal Korea Selatan Sulli
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penyanyi dan aktris asal Korea Selatan, Sulli, ditemukan meninggal dunia di kediamannya. Bunuh diri, disebut menjadi penyebab meninggalnya artis bernama asli Choi Jinri ini. Manajernya menyebutkan, Sulli memiliki riwayat depresi sejak beberapa waktu yang lalu.

Bukan kali pertama, depresi memicu seseorang mengambil keputusan untuk bunuh diri. Sayangnya, hingga saat ini, kejadian bunuh diri yang dipicu oleh depresi maupun kondisi mental yang lain, masih terus ada, dan cenderung tidak berkurang.

Sudah banyak artis, penyanyi, maupun pesohor yang meninggal akibat bunuh diri. Pekerjaan yang penuh dengan tekanan, serta jutaan mata yang mengawasi gerak-gerik keseharian, membuat mereka rentan terhadap kondisi mental, seperti depresi.

Baca juga: Kenali Gejala Depresi, Pemicu Utama Bunuh Diri

Sulli sudah terjun ke dunia hiburan sejak belia. Kariernya dimulai sejak ia menjadi artis cilik, dilanjutkan menjadi idola remaja saat bergabung dengan grup besutan SM Entertainment, f(x).

Setelah keluar dari f(x), Sulli melanjutkan kariernya sebagai aktris. Saat ini, di usianya yang baru menginjak 25 tahun, Sulli memutuskan untuk “pergi”.

Sulli termasuk salah satu artis asal Korea Selatan yang seringkali mendapat hujatan di media sosial. Perilakunya, bagi sebagian orang dinilai kontroversial.

Sulli pernah menunjukkan dirinya sedang menangis di akun media sosialnya. Saat itu, tidak sedikit orang yang mencibir dan menertawainya. Padahal, belum tentu mereka mengetahui peristiwa yang sedang dilaluinya saat itu.

Baca juga: Cyber Bullying Bisa Memicu Keinginan untuk Bunuh Diri

Menurut manajernya, Sulli memiliki riwayat depresi sejak beberapa waktu yang lalu. Memang, tidak semua orang yang depresi pasti akan berujung bunuh diri. Namun, kondisi ini adalah salah satu pemicu yang paling umum dari kejadian bunuh diri.

Bunuh diri adalah penyebab kedua terbanyak penyumbang angka kematian untuk anak muda. Sehingga, hal yang terjadi pada Sulli sebenarnya bukanlah kasus satu di antara sejuta.

Orang-orang yang meninggal karena bunuh diri sebenarnya tidak ingin mati. Mereka hanya tidak ingin merasakan sakit lagi. Jika ada orang-orang di sekitarmu yang menunjukkan tanda-tanda ingin bunuh diri, segera tawarkan bantuan.

Baca juga: Berkaca dari Sulli, Ini Cara Membantu Mereka yang Ingin Bunuh Diri

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X