Sering Lupa dan Enggak Nyambung, Tanda-tanda Kamu Butuh Liburan

Kompas.com - 11/11/2019, 22:35 WIB
Ilustrasi lupa shutterstockIlustrasi lupa

KOMPAS.com -  Ada kalanya kita tak menyadari bahwa sebenarnya otak dan tubuh tengah berusaha berkomunikasi dengan kita, dengan memberikan beberapa tanda bahwa kita sedang butuh liburan.

Meski tampak sepele, liburan sangat diperlukan untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas.

Psikolog Felicia Maukar mengungkapkan beberapa ciri ketika tubuh membutuhkan liburan.

“Gejalanya pelupa, gejala orang stres. Orang stres itu, tiba-tiba ngomong juga pelupa. Suka enggak fokus dan enggak nyambung,” kata Felicia saat ditemui di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ciri lain adalah sulit tidur saat malam tiba. Padahal, kamu sudah sangat lelah menjalani aktivitas seharian.

“Itu adalah gejala butuh liburan,” kata Felicia lagi.

Baca juga: Tak Hanya Senang-Senang, Liburan Juga Bisa Cegah Penyakit Kronis

Tak perlu mahal dan jauh, liburan singkat bisa kok dilakukan. Beberapa tempat dan ide-ide liburan singkat berikut ini bisa menjadi jalan keluar.

1.Mengunjungi taman kota


Taman kota bisa menjadi salah satu pilihan untuk liburan singkatmu. Letaknya yang tak jauh dan terjangkau membuat kamu bisa ke sana kapanpun ada waktu.

Di taman, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti sekedar berfoto dengan latar yang indah, menikmati jajanan yang dijual di taman atau menikmati udara segar di bawah pohon rindang.

2.Keliling kota

Kamu bisa mencoba berkeliling kota. Cari tempat-tempat seru di kotamu yang belum pernah kamu kunjungi.

Coba alternatif dengan menggunakan kendaraan umum khas kotamu. Seperti di Jakarta misalnya, kamu bisa mencoba naik bis tingkat khusus pariwisata atau yang terbaru, menjajal MRT.

3.Wisata Kuliner

Menjajal wisata kuliner populer juga bisa menjadi salah satu liburan singkat. Lupakan diet, dan jajal semua makanan populer di kotamu.

Coba beberapa makanan ekstrem yang belum pernah kamu makan sebelumnya dan rasakan sensasinya. Setelah itu, kamu bisa berolahraga untuk membuang kalori sekaligus meningkatkan hormon endorfin.

4.Hotel atau villa

Kamu juga bisa menginap di hotel atau villa terdekat dan menikmati berbagai fasilitasnya yang bisa memanjakanmu dan keluarga, seperti spa atau kolam renang. Kemudian tidurlah dengan nyaman pada malam hari.

Baca juga: 5 Tips Bikin Liburan Happy dan Bebas dari Rasa Khawatir

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X