Kelebihan Generasi Alfa, Anak yang Lahir Tahun 2010-2025

Kompas.com - 22/11/2019, 18:34 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com— Membesarkan generasi alfa, yakni anak yang lahir pada tahun 2010-2025 memang tak mudah. Mereka cenderung begitu akrab dengan teknologi, dan mudah beradaptasi di tempat baru.

Menurut psikolog Liza M Djaprie si anak generasi alfa ini memiliki kelebihan khusus yang tak dimiliki generasi lainnya.

1. Lebih digitally savvy

Mereka akan lebih cepat menangkap pelajaran melalui komputer atau kelas yang aktif. Hal itu membuat mereka lebih senang.

2. Keahlian mereka lebih terspesialisasi

Dari kecil, anak-anak generasi ini sudah tampak kelebihannya, misalnya si kecil sangat terlihat kelebihannya di bidang seni, sementara orangtua masih sangat konservatif di mana anak pintar adalah anak yang memiliki nilai yang bagus dalam mata pelajaran.

“Ini akibat eksposur internet sejak kecil. Jadi dia bisa menentukan kira-kira minatku di mana. Minatnya sudah super terspesialisasi,” kata Liza dalam Indonesian Women’s Forum 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Kamis(21/11/2019).

Baca juga: Menghadapi Ulah Anak 2 Tahun yang Sering Bikin Frustrasi Orangtua

3. Lebih cepat terpapar informasi

Karena mereka akrab dengan internet, mereka juga lebih banyak memiliki informasi tentang dunia luar, termasuk hal-hal yang tidak ada di sekitarnya, seperti kutub atau luar negeri.

4. Punya kesempatan untuk tumbuh menjadi individu yang kritis dan informatif

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X