Tantangan Orangtua Membesarkan Anak Generasi Alpha

Kompas.com - 22/11/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi bayi bermain ShutterstockIlustrasi bayi bermain

KOMPAS.com— Anak-anak yang lahir antara tahun 2010 sampai 2025 termasuk dalam generasi alpha. Mereka disebut-sebut sebagai generasi paling pintar. Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua membesarkan generasi alpha.

Tak mudah memang membesarkan si kritis yang sangat tertarik dengan teknologi dan gawai ini.

Tantangan yang harus dihadapi orangtua dari anak alpha tentu beragam. Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin dihadapi orangtua saat menghadapi si kecil dari generasi alpha menurut psikolog Liza M Djaprie.

1. Mudah merasa tidak berfungsi tanpa internet, gadget maupun media sosial

2. Terekspose dengan dunia luar secara cepat di usia sangat dini melalui internet.

“Anak sudah bisa bilang tentang luar negeri atau kutub yang kita tidak pernah tahu,” ujar Liza dalam acara Indonesian Women’s Forum 2019 di Jakarta Selatan, Kamis(21/11/2019).

3. Sulit untuk menjalin hubungan interpersonal yang mendalam

Hal ini terjadi karena terlalu banyak waktu yang mereka habiskan di depan layar. Jadi sulit membuat mereka fokus dan cepat bosan.

Baca juga: Mengapa Generasi Milenial Berumur Lebih Pendek Ketimbang Generasi Lain?

4. Punya mental yang instan

Mental instan ini sebenarnya sudah di alami sejak era milenial. Karena mereka terbiasa menyelesaikan sesuatu dengan hanya satu klik. Daya juang anak bisa rendah, apalagi kalau orangtua tidak turut mengajarkan bahwa segala yang diinginkan anak haruslah melewati proses.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X