Olahraga Tak Sampai 25 Menit Sehari Bisa Bantu Cegah Kanker

Kompas.com - 29/12/2019, 12:53 WIB
Ilustrasi olahraga bersama DragonImagesIlustrasi olahraga bersama

KOMPAS.com - Kita semua memahami betul bahwa olahraga rutin memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Namun, sebuah studi terbaru menemukan bahwa berolahraga bahkan kurang dari 25 menit per hari bisa menjadi kunci mencegah penyakit kanker.

Studi diteliti oleh para peneliti dari Perhimpunan Kanker Amerika. Mereka menemukan bahwa olahraga 2,5 jam per minggu bisa membantu menurunkan risiko tujuh bentuk kanker, mulai dari kanker payudara, usus besar, dan ginjal.

Studi yang dilakukan bersama Harvard University itu mengumpulkan data dari 750.000 partisipan. Angka aktivitas fisik mereka selama waktu luang kemudian diukur oleh para peneliti.

Baca juga: 5 Olahraga Sederhana yang Bisa Mencegah Kematian Dini

Tim kemudian memantau apakah ada penyakit dalam bentuk apapun yang berkembang di tubuh para partisipan.

Hasil menunjukkan, bahwa risiko tujuh dari 15 kanker yang mereka pelajari berkurang secara signifikan ketika partisipan berolahraga untuk jumlah waktu yang disarankan, yakni dua setengah jam.
 
Orang-orang yang berolahraga lebih dari 25 menit per hari juga menunjukkan penurunan pertumbuhan kanker yang signifikan.

"Meskipun sudah lama diketahui bahwa aktivitas fisik berkaitan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, kurang jelas apakah ini sudah menjadi bentuk hubungan dan apakah jumlah aktivitas fisik yang disarankan berkaitan dengan tingkat risiko yang lebih rendah," kata Dr. Alpa Patel dari Perhimpunan Kanker Amerika.

Menurutnya, hasil penelitian ini memberi dukungan kuantitatif langsung terhadap level aktivitas yang direkomendasikan untuk mencegah kanker dan memberi bukti yang dapat ditindaklanjuti untuk upaya pencegahan kanker saat ini dan di masa depan.

Baca juga: Tak Hanya Melangsingkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga Plank

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X