Bahaya Menyimpan Sisa Makanan Pakai Alumunium Foil

Kompas.com - 03/01/2020, 12:20 WIB
Ilustrasi HuffingtonPostIlustrasi

KOMPAS.com - Menyimpan sisa makanan di dalam kulkas bisa bertahan hingga empat hari jika makanan disimpan dengan cara yang benar.

Banyak orang mengandalkan aluminium foil untuk menutup piring lalu langsung menaruhnya di dalam kulkas. Ini memang menjadi cara praktis menyimpan sisa makanan, namun ternyata cara ini berbahaya bagi kesehatan.

Seperti manusia butuh udara untuk bernafas, bakteri juga membutuhkan udara untuk tumbuh subur. Beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, seperti Staph dan Bacillus cereus, memproduksi racun yang tidak dapat dihancurkan oleh suhu tinggi saat memasak.

Menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian Washington, ketika makanan panas ditinggalkan di tempat terbuka dalam di suhu ruangan selama lebih dari dua jam, bakteri akan tumbuh dengan subur.

Menggunakan aluminium foil untuk menutup makanan akan menimbulkan risiko serupa, karena tidak mampu menutup makanan dengan rapat dan kedap udara.

"Membiarkan udara masuk sama dengan membiarkan bakteri tumbuh lebih cepat. Jadi, kita membutuhkan tempat makan yang tertutup rapat dan bisa menyimpan makanan dengan benar jika ingin makanan awet," kata ahli gizi di Cleveland Clinic, Lindsay Malone.

Baca juga: Cara Menyelamatkan Stok Makanan Saat Rumah Kebanjiran

Malone memiliki aturan emas (golden rule) dalam menyimpan sisa makanan, yaitu menyimpannya dengan wadah yang dangkal dan kedap udara untuk mempercepat proses pendinginan dan menjauhkan bakteri dari makanan.

Lalu, pastikan menyimpan makanan dalam waktu dua jam sebelum bakteri punya waktu untuk berkembang di makanan tersebut.

Produk susu dan daging adalah yang paling rentan menjadi tempat tumbuh bakteri. Ini menegaskan pentingnya menggunakan wadah kedap udara untuk semua sisa makanan. Selain itu, pastikan untuk membuang makanan yang telah didiamkan lebih lama dari waktu tersebut.

Jika kamu memiliki banyak makanan yang tersisa, hal yang paling cerdas untuk dilakukan adalah memasukkan mengemasnya dalam wadah kedap udara yang benar-benar bagus dan memasukkannya ke dalam freezer.

"Dan ketika kamu siap untuk memakannya, keluarkanlah makanan tersebut," kata Malone.

Baca juga: Demi Keamanan Makanan, Perhatikan Suhu Kulkas


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber MSN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X