Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2020, 13:10 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kasus munculnya ular setelah banjir besar, bukanlah berita yang mengejutkan lagi. Hewan yang bisanya dapat melumpuhkan manusia itu mampu terseret air banjir, hingga masuk ke dalam rumah.

Kalau sudah begitu, kita jadi was-was karena takut ada ular yang bersembunyi di pojok-pojok terpencil di dalam rumah. Maka dari itu, kenali cara mengusir ular dari rumah, agar keluarga terhindar dari bahaya racun ular.

Jangan pernah meremehkan gigitan ular, sekalipun ular yang menggigit Anda tidak berbisa. Sebab, gigitan ular tak berbisa saja, dapat menimbulkan reaksi alergi atau infeksi. Apalagi jika digigit ular beracun. Tentu saja Anda tidak mau hal ini terjadi.

Baca juga: Tahap Penanganan Gigitan Ular yang Tepat

Mengenali cara mengusir ular berikut ini dari rumah adalah hal penting. Apalagi, di saat musim hujan tiba dan banjir besar melanda.

1. Membersihkan halaman rumah

Jika memiliki halaman yang lembap dan diselimuti semak-semak, Anda harus selalu waspada. Sebab, tempat seperti itulah yang menjadi habitat para ular. Jika beberapa hal di bawah ini ada di sekitar rumah, sebaiknya segera dibersihkan:

  • Tumpukan benda-benda, seperti kayu, batu, dan pupuk kebun
  • Semak-semak yang lama tidak dipotong
  • Pohon tumbang
  • Sampah dedaunan yang tertumpuk tebal
  • Garasi atau gudang di luar rumah yang jarang digunakan

Jika ingin mengetahui cara mengusir ular yang tepat, ketahui juga “taman bermain” yang sangat disenangi ular, yaitu tempat yang bisa jadi persembunyiannya. Hal ini penting untuk mengusir ular dari zona nyamannya, dan menjauh dari rumah.

2. Menyingkirkan “makanan ular”

Ular sangat suka memakan berbagai jenis tikus, termasuk tikus tanah hingga tikus yang ada di rumah. Jangkrik, siput, hingga berbagai macam serangga pun menjadi santapan lezat untuk hewan itu.

Jika rumah menjadi sarang dari hewan-hewan ini, segera temukan akar permasalahannya, dan cari cara untuk mengusir mereka. Sebab, ular sangat senang berkumpul di tempat yang dihuni “santapan lezat” mereka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.