Kompas.com - 08/01/2020, 14:15 WIB
Ilustrasi teman shutterstockIlustrasi teman
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak teman banyak rezeki. Pepatah ini memang tepat sekali untuk zaman sekarang. Melalui teman, kita bisa mendapatkan berbagai informasi soal pekerjaan, keuangan, peluang usaha, kesehatan, dan banyak lagi.

Tetapi, pepatah ini langsung gugur jika teman yang kamu miliki termasuk dalam kategori toxic friend.

Toxic friend adalah istilah yang mengacu pada teman yang tidak mendukung dan memberikan kontribusi positif untuk hidup kita.

Mereka selalu membawa efek negatif dalam kehidupan. Mereka sering membuat kita stres dan makan hati, seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mental.

Teman seperti ini harus dihindari karena tidak bermanfaat. Jika kamu memiliki toxic friend, segera menjauh dari mereka. Namun, sebelum menjauhkan diri dari mereka, tentu kamu perlu mengetahui ciri-ciri dari toxic friend.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan yang Beracun

Ciri-ciri toxic friend yang perlu dihindari

Dalam berteman kita harus punya strategi. Jangan asal pilih. Alih-alih mendapatkan teman seperjuangan, kamu malah mendapatkan teman yang membawa kesusahan. Berikut ciri-ciri dari toxic friend.

Memprioritaskan dirinya

Mendukung dan berada di sisi teman saat sedang kesusahan adalah hal yang patut dilakukan, tetapi tidak berarti kita harus selalu memprioritaskan teman setiap saat!

Toxic friend biasanya akan menyuruh kita untuk segera meninggalkan apa yang sedang kita lakukan dan segera membantunya.

Hanya memanfaatkan kita

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.