Cara Memutihkan Gigi dengan Garam, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 13/01/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi membersihkan gigi dengan garam shutterstockIlustrasi membersihkan gigi dengan garam
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki gigi putih adalah idaman hampir semua orang. Saat ini, terdapat banyak metode untuk memutihkan gigi yang dapat kita pilih, salah satu yang sempat ngetren adalah cara memutihkan gigi dengan garam.

Apakah memutihkan gigi dengan garam memang efektif dan aman secara medis? Ataukah ada efek samping yang harus kita tanggung jika mencoba cara memutihkan gigi yang dapat dilakukan di rumah ini?

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa berkumur dengan air garam dapat meredakan sakit gigi. Pasalnya, larutan garam dapat membunuh bakteri pada mulut sehingga mengurangi rasa sakit pada gigi maupun gusi.

Anggapan ini diperkuat dengan banyaknya rekomendasi dari dokter gigi bahwa berkumur dengan larutan garam memang dapat meredakan sakit gigi ringan.

Selain itu, larutan garam juga bisa dijadikan obat kumur ketika menderita sakit tenggorokan.

Meskipun demikian, hal ini tidak berkorelasi dengan fungsi garam sebagai pemutih gigi. Berikut fakta di balik cara memutihkan gigi dengan garam bila ditinjau dari segi medis.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa menggosok-gosok gigi dengan garam dapat membuatnya lebih putih.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari

Ketika ditanya mengenai cara memutihkan gigi dengan garam, rata-rata dokter gigi menyatakan bahwa sedikit kemungkinan garam bisa memutihkan gigi, bahkan tidak bisa sama sekali.

Lalu, bagaimana dengan orang yang mengaku berhasil mempraktikkan cara memutihkan gigi dengan garam?

Asosiasi Dokter Gigi Amerika Serikat menduga hal itu dikarenakan gesekan garam menyebabkan abrasi pada enamel alias lapisan terluar gigi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X