Kompas.com - 20/01/2020, 07:58 WIB
Pangeran Harry saat berada di London Marathon Pangeran Harry saat berada di London Marathon

KOMPAS.com – Pangeran Harry, The Duke of Sussex, mengungkapkan bahwa ia dan istrinya, Meghan, merasa sedih atas keputusan Ratu Elizabeth II untuk mencopot gelar bangsawannya. Pernyataan itu ia sampaikan dalam sebuah acara Minggu (19/1/2020) malam waktu setempat.

“UK adalah rumahku, tempat yang aku cintai. Hal itu tak akan pernah berubah,” kata Harry dalam pidato sambutannya di acara organisasi amal Sentebale, yang mengumpulkan dana untuk anak-anak dengan HIV.

Harry mengungkapkan, keputusannya untuk mundur dari anggota kerajaan senior tidak dibuat secara terburu-buru.

“Keputusan yang telah kubuat untuk istriku dan diriku mundur tidak dibuat dengan mudah. Butuh berbulan-bulan pembicaraan setelah tahun-tahun penuh tantangan. Aku tahu aku tidak selalu benar, tetapi sepanjang yang aku tahu, tak ada pilihan lain,” katanya.

“Harapan kami adalah terus melanjutkan pelayanan untuk Ratu, Persemakmuran, dan organisasi militer, tetapi tanpa dana masyarakat. “Sayangnya, hal itu tidak mungkin,” ujarnya.

Pidato yang disampaikan Harry tersebut merupakan pernyataan yang ia buat pertama kali setelah ia mengumumkan keputusannya untuk mundur melalui media sosial.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Resmi Melepas Gelar Kehormatannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Sabtu (18/1/2020), Istana Buckhingham mengeluarkan pernyataan bahwa Ratu Elizabeth II merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan untuk melanjutkan hidup mereka secara mandiri. Konsekuensinya, pasangan ini harus menanggalkan gelar His Royal Highness dan Her Royal Highness.

“Aku menerima hal ini, karena hal ini tidak akan mengubah siapa aku atau komitmenku. Tetapi, aku harap kalian memahami mengapa harus seperti ini, bahwa membawa keluargaku mundur adalah yang kutahu, kami bisa melangkah ke masa depan dan harapan memiliki kehidupan yang lebih damai,” kata adik Pangeran William ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

at tonight’s dinner for supporters of Sentebale in London Video © SussexRoyal

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on Jan 19, 2020 at 2:00pm PST

Harry menambahkan, ia terlahir dengan kehidupan ini dan ia merasa bangga bisa melayani negara dan Ratu. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena banyak orang yang mendukungnya setelah kematian ibunya, Putri Diana, 23 tahun lalu.

“Aku akan selalu menghormati neneku, pemimpin tertinggiku, dan aku sangat bersyukur ia dan seluruh keluargaku atas dukungan yang diberikan untuk Meghan dan aku dalam beberapa bulan terakhir,” katanya.

Baca juga: Ratu Elizabeth Dukung Pangeran Harry dan Meghan Hidup Mandiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.