Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pangeran Harry Ungkap Kesedihan Setelah Gelar Bangsawan Dicopot

KOMPAS.com – Pangeran Harry, The Duke of Sussex, mengungkapkan bahwa ia dan istrinya, Meghan, merasa sedih atas keputusan Ratu Elizabeth II untuk mencopot gelar bangsawannya. Pernyataan itu ia sampaikan dalam sebuah acara Minggu (19/1/2020) malam waktu setempat.

“UK adalah rumahku, tempat yang aku cintai. Hal itu tak akan pernah berubah,” kata Harry dalam pidato sambutannya di acara organisasi amal Sentebale, yang mengumpulkan dana untuk anak-anak dengan HIV.

Harry mengungkapkan, keputusannya untuk mundur dari anggota kerajaan senior tidak dibuat secara terburu-buru.

“Keputusan yang telah kubuat untuk istriku dan diriku mundur tidak dibuat dengan mudah. Butuh berbulan-bulan pembicaraan setelah tahun-tahun penuh tantangan. Aku tahu aku tidak selalu benar, tetapi sepanjang yang aku tahu, tak ada pilihan lain,” katanya.

“Harapan kami adalah terus melanjutkan pelayanan untuk Ratu, Persemakmuran, dan organisasi militer, tetapi tanpa dana masyarakat. “Sayangnya, hal itu tidak mungkin,” ujarnya.

Pidato yang disampaikan Harry tersebut merupakan pernyataan yang ia buat pertama kali setelah ia mengumumkan keputusannya untuk mundur melalui media sosial.

Pada Sabtu (18/1/2020), Istana Buckhingham mengeluarkan pernyataan bahwa Ratu Elizabeth II merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan untuk melanjutkan hidup mereka secara mandiri. Konsekuensinya, pasangan ini harus menanggalkan gelar His Royal Highness dan Her Royal Highness.

“Aku menerima hal ini, karena hal ini tidak akan mengubah siapa aku atau komitmenku. Tetapi, aku harap kalian memahami mengapa harus seperti ini, bahwa membawa keluargaku mundur adalah yang kutahu, kami bisa melangkah ke masa depan dan harapan memiliki kehidupan yang lebih damai,” kata adik Pangeran William ini.

“Aku akan selalu menghormati neneku, pemimpin tertinggiku, dan aku sangat bersyukur ia dan seluruh keluargaku atas dukungan yang diberikan untuk Meghan dan aku dalam beberapa bulan terakhir,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/20/075801620/pangeran-harry-ungkap-kesedihan-setelah-gelar-bangsawan-dicopot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke