10 Makanan Sehat Penghilang Stres

Kompas.com - 29/01/2020, 10:53 WIB
Alpukat ShutterstockAlpukat

KOMPAS.com - Stres mungkin sudah jadi bagian dari hiup orang modern. Jika dibiarkan berkepanjangan, stres bisa mengganggu fungsi pencernaan, imun, hingga sistem syaraf.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya lewat makanan. Makanan yang dianggap efektif menurunkan stres adalah dark chocolate alias cokelat hitam yang kaya akan antioksidan.

Namun, selain cokelat ternyata ada banyak makanan yang bisa membantu kita meredakan stres.

Ketika kita stres, tubuh sebetulnya cenderung menginginkan nutrisi-nutrisi tertentu, seperti vitamin B, vitamin C, magnesium, dan selenium. Jumlah nutrisi yang dikonsumsi juga bisa berdampak besar pada sirkuit syaraf tubuh yang mengontrol motivasi, emosi dan suasana hati.

Berikut sejumlah makanan alami yang bisa membantu meredakan stres dan menenangkan suasana hati kita:

1. Alpukat

Alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat stres karena tinggi asam lemak omega 3, Vitamin E, Vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres, depresi serta kecemasan.

Baca juga: Satu Alpukat Setiap Hari untuk Menjaga Kesehatan

2. Sayuran berdaun hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale kaya akan magnesium. Mineral ini sangat penting untuk membantu meregulasi kortisol dan sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat magnesium rendah cenderung lebih mudah stres.

3. Ikan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X