Kompas.com - 30/01/2020, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan fungsi tubuh di usia lanjut bisa membuat seseorang menjadi lemah dan menderita penyakit kronis. Layanan kesehatan dari perawat medis yang bisa dilakukan di rumah atau homecare sangat dibutuhkan untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Menurut Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM, pakar kesehatan serta mantan Mentri Kesehatan RI, jumlah orang tua di Indonesia yang menderita berbagai penyakit terus bertambah.

"Jumlah orang tua akan meningkat sebanyak 48,2 juta jiwa. Bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun berpotensi terkena penyakit kronis," kata Nila dalam acara Launching Love Care di Jakarta, Kamis (30/01/2020).

Perawatan karena penyakit kronis bisa berlangsung tahunan dan kerap memengaruhi semangat dan psikologis pasien serta keluarga yang merawat. 

Perawatan homecare dengan tenaga perawat profesional untuk mendampingi pasien di rumah bisa menjadi solusi.

Dengan homecare, pasien mendapat perawatan yang lebih nyaman dibanding di rumah sakit sehingga akan memengaruhi kesehatannya.

"Perawatan di rumah bisa jadi dukungan semangat bagi pasien, dengan tenaga medis profesional yang mendampingi mereka," kata Nila.

Baca juga: Tips Bugar Lansia, yang Anak Muda Perlu Bersiap Juga

 

Keuntungan lain dari homecare yaitu tenaga medis yang bertugas fokus memberikan seluruh perhatiannya pada sang pasien. Selain itu, anggota keluarga bisa terlibat secara aktif dalam merawat pasien.

Kini, kebutuhan akan layanan homecare kian meningkat. Namun, tidak mudah mencari tenaga medis berkualitas.

Veronica Tan (President Commisioner LoveCare), Prof Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM (Pakar Kesehatan dan Mantan Menteri Kesehatan RI Periode 2014-2019), serta tim LoveCare di acara launching LoveCare di Jakarta, Kamis (30/01/2020)Gading Perkasa Veronica Tan (President Commisioner LoveCare), Prof Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM (Pakar Kesehatan dan Mantan Menteri Kesehatan RI Periode 2014-2019), serta tim LoveCare di acara launching LoveCare di Jakarta, Kamis (30/01/2020)

Launching LoveCare

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.