Pekerja di Indonesia Optimistis Memandang Prospek Karier

Kompas.com - 12/02/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi pencari kerja Thinkstockphotos.comIlustrasi pencari kerja

KOMPAS.com - Karyawan di India, Indonesia, dan China lebih optimistis tentang prospek karier mereka dibandingkan pekerja di negara lain, menurut studi terbaru dari LinkedIn.

Tingkat optimisme muncul jauh lebih tinggi di tiga negara Asia yang ekspansif daripada beberapa pasar pekerjaan terkemuka dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Inggris.

LinkedIn, jejaring sosial yang mengkhususkan diri untuk para profesional, melakukan survei pada lebih dari 30.000 orang berusia 18-65 tahun di 22 negara untuk LinkedIn Opportunity Index tahunan.

Survei itu mengukur tantangan dan peluang yang memengaruhi tenaga kerja saat ini.

Tujuh metrik optimisme diukur, termasuk persepsi responden tentang ekonomi selama 12 bulan ke depan, situasi keuangan, dan kualitas hidup mereka dibandingkan generasi orangtua mereka.

India berada di puncak dengan skor 121, jauh di atas rata-rata global (100), diikuti Indonesia (117), dan China (116), karena kepercayaan warga terhadap prospek ekonomi negara mereka dan perkembangan pasar pekerjaan.

Baca juga: Karyawan vs Entrepreneur, Mana Pilihan Milenial?

Sekitar 50 persen responden Gen Z dan 48 persen milenial di tiga negara Asia itu mengatakan, mereka berharap ekonomi negara membaik dalam 12 bulan ke depan sehingga dapat meningkatkan prospek karier.

Optimisme itu mencerminkan pandangan ekonomi positif yang luas untuk Asia Pasifik.

Negara-negara dengan penduduk terbesar di Asia itu memang diprediksi akan melampaui seluruh dunia dalam hal produk domestik bruto, menurut World Economic Forum, bahkan ketika India dan China menghadapi perlambatan pertumbuhan.

Olivier Legrand, direktur pelaksana LinkedIn di Asia Pasifik mengatakan, temuan ini menunjukkan keyakinan mendasar bahwa negara-negara berkembang berada di jalur yang mengarah ke atas.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X