Kompas.com - 23/02/2020, 10:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Jika kita datang ke toko obat dan kecantikan di mal, dengan mudah kita mendapatkan rangkaian produk untuk menyamarkan tanda penuaan, seperti kerutan, lingkaran hitam di bawah mata, atau kulit kusam. Namun, di usia berapa kita memerlukannya?

Para ahli dermatologi mengatakan, kulit mulai menua sekitar usia 20-an dan merekomendasikan kita untuk mulai merawat kulit wajah sejak awal.

“Saya merekomendasikan pasien saya untuk mulai memakai produk antipenuaan di akhir usia 20 tahun, saat kulit kita perlahan mulai kehilangan kolagen,” kata ahli kosmetik dermatologi Y.Claire Chang.

Langkah pertama untuk mengurangi tanda penuaan adalah memakai tabir surya setiap hari. Paparan sinar matahari berkontribusi besar pada proses penuaan di kulit. Jika kita banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 50.

Kita juga bisa memakai skincare yang mengandung bahan-bahan untuk memperbaiki tekstur kulit dan elastisitasnya. Misalnya saja turunan vitamin A seperit retinol, retinyl esters, atau retinaldehyde. Biasanya zat-zat tersebut ada dalam serum, krim malam, atau pun pelembab.

Kandungan lain yang juga penting adalah vitamin B, misalnya Niacinamide yang membantu meregenerasi sel kulit wajah, sekaligus memperbaiki sel kulit yang menua, serta mencerahkan wajah.

Baca juga: Penuaan Kulit Orang Asia Lebih Lambat, Apa Alasannya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dermeva, merek skincare untuk antiaging, belum lama ini memperkenalkan produk pembersih wajah dengan kandungan Niacinamide.

Menurut Marketing Manager PT.Dermeva Kosmetik Indonesia, Ruth Andesita, produk pembersih wajah ini memiliki keunggulan berbeda karena memiliki kandungan niacinamide, allantoin, dan ekstrak albizia Julibrissin.

“Kandungan Niaciamide untuk mensuplai kebutuhan nutrisi pada kulit wajah, sehingga tidak akan membuat kulit wajah menjadi dehidrasi. Dua zat lainnya yaitu Allantoin adalah bahan alami yang menjaga kulit wajah dari iritasi, sedangkan Albizia Julibrissin Extract juga merupakan bahan alami untuk melindungi sel kulit wajah dari kerusakan,” kata Ruth.

Kandungan antiaging dalam produk pembersih wajah ini, menurutnya, bisa melengkapi bahkan menguatkan rangkaian produk antipenuaan lain yang kita gunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.