Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari Telinga?

Kompas.com - 26/02/2020, 10:06 WIB
Ilustrasi mengeluarkan air dari telinga shutterstockIlustrasi mengeluarkan air dari telinga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Air masuk ke telinga saat sedang berenang adalah hal yang menyebalkan. Kamu yang pernah mengalaminya pasti tahu rasanya.

Selain menciptakan bunyi tidak nyaman di telinga, mendengar perkataan orang lain dengan jelas menjadi susah.

Biasanya, air yang masuk ke dalam telinga dapat keluar dengan sendirinya. Namun ada kalanya air tidak mau keluar. Kondisi air yang terjebak di dalam telinga ini dapat menyebabkan infeksi telinga jika dibiarkan.

Untungnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan air yang bandel ini. Mulai dari menggoyangkan telinga hingga meneteskan obat telinga, ini dia cara mengeluarkan air dari dalam telinga.

Berbaring menyamping

Cara mengeluarkan air dari telinga dapat dilakukan dengan mudah. Kita hanya perlu berbaring di sisi telinga yang tersumbat air selama beberapa menit dengan kepala yang terbungkus handuk. Air akan secara perlahan keluar dengan sendirinya.

Goyangkan telinga

Cara sederhana lainnya adalah dengan menggoyangkan telinga agar air bisa keluar. Cara mengeluarkan air dari telinga ini dimulai dengan menarik atau menggoyangkan daun telinga secara perlahan sementara menyampingkan kepala ke arah bawah atau bisa juga dengan menggoyangkan kepala dari satu sisi ke sisi lainnya.

Mengunyah

Cara mengeluarkan air dari telinga tidaklah sulit, kita hanya harus menggoyangkan mulut untuk membuka saluran telinga dan membuat air keluar. Kita bisa mengunyah permen karet atau menguap untuk melemaskan saluran telinga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X