Bagi Penderita GERD Waspadai 6 Ciri Asam Lambung Naik

Kompas.com - 10/03/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi asam lambung Emily FrostIlustrasi asam lambung
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Merasa mual, nyeri di ulu hati, hingga rasa pahit di tenggorokan hanya sedikit dari banyak ciri-ciri asam lambung naik yang kerap dialami penderita GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

GERD adalah naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan akibat katup lambung tidak berfungsi optimal.

Seseorang dapat dinyatakan menderita GERD bila terjadi kenaikan asam lambung ringan setidaknya dua kali seminggu, atau kenaikan asam lambung berat setidaknya sekali dalam seminggu.

Ciri-ciri asam lambung naik perlu diketahui secara spesifik oleh penderita GERD karena kadang gejala ini mirip dengan penyakit seputar pencernaan lainnya.

Baca juga: Memahami Perbedaan Heartburn, Refluks Asam Lambung, dan GERD

 

Apabila ciri-ciri asam lambung naik ini terjadi sekitar 2-3 kali dalam sepekan, itu adalah alarm untuk segera memeriksakan diri.

Ciri-ciri asam lambung naik

Pada penderita GERD, sangatlah wajar mereka merasa perut mual atau kembung seusai makan. Hal ini terjadi karena otot di bawah saluran ke lambung lemah atau longgar.

Akibatnya, asam lambung bergerak naik kembali ke tenggorokan.

Menurut dr. Tito Ardi Suwandoko, Sp.PD, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Permata Pamulang, ada banyak ciri-ciri asam lambung naik yang umum terjadi, di antaranya:

Heartburn

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X