Tips Usir Rasa Sepi Saat Jalani "Work from Home"

Kompas.com - 18/03/2020, 07:03 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memberlakukan social distancing atau pembatasan sosial bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di kota-kota yang dengan kasus infeksi virus corona.

Masyarakat dianjurkan untuk berdiam diri di rumah dan tidak menghabiskan waktu di tempat-tempat kerumunan yang berpontensi menjadi tempat penularan virus.

Bagi para pekerja, diimbau untuk menjalani "work from home" alias bekerja dsri rumah.

Baca juga: Cegah Corona dengan Kerja di Rumah, Ini 8 Tips Agar Tetap Produktif

Menghabiskan waktu di rumah bagi sebagian orang bisa memicu munculnya rasa kesepian dan mengganggu kesehatan mental secara keseluruhan.

Apalagi bagi orang-orang yang terbiasa bertemu dengan kerabat setiap harinya. Kita juga tidak tahu sampai kapan pola hidup ini harus dilakukan.

Namun, di tengah rasa kesepian itu, kita bisa memanfaatkan internet. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di tengah momen social distancing agar terhindar dari rasa kesepian:

1. Menelepon atau video call

Menelepon bisa kita lakukan pada siapa saja tanpa memandang usia. Sedangkan sambungan video call cenderung kurang cocok jika kita mau terhubung dengan orangtua.

Jangan mengandalkan pesan teks, karena mendengarkan suara atau melihat wajah keluarga atau kerabatmu di layar ponsel akan terasa lebih berkesan.

Baca juga: Hobi Lanjut Kerja di Rumah Bikin Sulit Tidur Nyenyak

Cobalah untuk tidak membahas hal-hal negatif di masa kritis ini. Kita bisa melontarkan candaan atau membahas memori tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Metro
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X