Kompas.com - 26/03/2019, 15:47 WIB
Ilustrasi lembur shutterstockIlustrasi lembur
Editor Wisnubrata


KOMPAS.com - Pernah mendapat sindiran halus dari orang terdekat yang mengatakan, “Pekerjaan kantor jangan dibawa ke rumah!” atau “Sampai rumah itu harusnya istirahat, jangan lanjut kerja terus!”, atau justru kamu sendiri yang sering melontarkannya ke orang-orang di sekitar?

Meski terdengar bawel, sebenarnya teguran seperti itu adalah tanda perhatian lho. Nyatanya, efek lembur di rumah malah semakin membuat kita susah tidur nyenyak.

Tidak percaya? Untuk lebih meyakinkan agar kita menghentikan kebiasaan lembur, simak apa kata penelitian asal University of Zürich yang diterbitkan dalam Journal of Business and Psychology.

Setelah meng-kroscek data dan kebiasaan kerja dari hampir 2 ribu karyawan dari negara-negara berbahasa Jerman, ditemukan bahwa sekitar 50 persennya bekerja lebih dari 40 jam per minggu.

Baca juga: Sayangi Jantung, Jangan Terlalu Sering Kerja Lembur

Setiap karyawan diminta mengisi survei online untuk menilai seberapa baik mereka mampu memisahkan hal-hal yang berbau pekerjaan dan kantor dari kehidupan pribadi mereka.

Misalnya, mereka ditanya apakah pernah memikirkan pekerjaan di akhir pekan, dan seberapa sering mereka bekerja di akhir pekan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka juga ditanya apakah mereka memberi waktu bagi diri sendiri untuk bersantai dan menikmati hobi atau bersosialisasi ketika tidak sedang kerja.

Hasilnya, orang-orang yang tidak mampu memisahkan antara waktu kerja dan kehidupan pribadi tampak lebih sering kelelahan dan lebih cepat stres.

Sebaliknya, orang-orang yang mampu memberi batasan tegas dan jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka bisa hidup lebih sejahtera. Kenapa?

Ketika kita tidak mengabaikan email atau telepon yang masuk di luar jam kerja, atau ketika tengah malam menyalakan laptop di rumah untuk memastikan pekerjaan bisa selesai hari ini juga, artinya kita tidak memberikan waktu cukup bagi tubuh dan pikiran untuk pulih sejenak dari tekanan kerja sebelum masuk kerja lagi keesokan harinya.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.