Berapa Sebenarnya Suhu Tubuh Normal Manusia?

Kompas.com - 10/04/2020, 15:19 WIB
Pengecekan suhu tubuh sebagai bentuk mitigasi virus Corona. Dok. PT Hutama Karya (Persero) TbkPengecekan suhu tubuh sebagai bentuk mitigasi virus Corona.

 

KOMPAS.com - Selama ini, kita telah mengetahui suhu tubuh manusia normal adalah 37 derajat Celcius. Angka ini ditentukan pada tahun 1871 oleh dokter asal Jerman, Carl Wunderlich.

Wunderlich menentukan rata-rata suhu tubuh manusia dengan menguji jutaan pasien menggunakan instrumen baru kala itu, termometer.

Namun, sejak saat itu, para peneliti telah mengamati suhu tubuh normal pada setiap orang berbeda-beda, dan tergantung jenis kelamin, usia, dan waktu.

Baca juga: Cara Mengenali Demam Tanpa Termometer

Inilah yang perlu kita ketahui tentang suhu tubuh kita, ketika kondisinya lebih tinggi dari normal, dan bagaimana cara mengatasinya.

Suhu tubuh normal berkisar antara 36 derajat celcius hingga 37 derajat celcius

Tidak ada satu suhu tubuh "normal" yang pasti, dan tergantung pada usia kita, waktu, serta seberapa aktif kita, lebih akurat mendeskripsikan suhu tubuh normal dalam kisaran.

"Temperatur dapat bervariasi antara individu, di mana beberapa anggota keluarga mungkin secara konsisten lebih bersuhu panas daripada yang lain," kata Charles Brantly, MD di Central Health.

"Ini tidak selalu hal buruk. Kisaran normal sebagian besar orang adalah antara 36,1 derajat Celcius - 37,2 derajat Celcius."

Di saat suhu tubuh normal orang dewasa berkisar di angka tersebut, pada anak-anak dan orang tua kisaran angkanya sedikit berbeda.

"Rata-rata, anak-anak cenderung lebih hangat daripada orang dewasa, dan mereka yang berusia di atas 65 tahun bersuhu lebih dingin," kata Brantly.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X