Kompas.com - 14/04/2020, 13:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Meditasi telah ada sejak beribu-ribu tahun lalu, namun baru belakangan ini kembali populer karena banyak orang telah merasakan manfaatnya.

Menurut National Institute of Health, meditasi secara teratur dapat menurunkan kecemasan, mengurangi stres, serta meningkatkan kualitas tidur.

Namun, memulai meditasi bukan perkara mudah, dan bahkan bisa menyebabkan stres. Barangkali kita bertanya-tanya, berapa lama waktu ideal yang dibutuhkan untuk meditasi atau bagaimana supaya bisa fokus, apakah mata harus terpejam, dan masih banyak pertanyaan lain.

Karena di era pembatasan jarak ini kita hanya bisa melakukan meditasi di rumah, setidaknya sepuluh aplikasi ini dapat membantu kita memulai meditasi:

Headspace

Headspace adalah aplikasi meditasi paling populer yang menawarkan ratusan panduan untuk membantu kita tidur, fokus, atau lebih bersemangat.

Mereka yang menikmati aktivitas fisik akan tertarik dengan mode bergerak, yang mencakup latihan singkat seperti yoga hingga latihan kardio ringan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Headspace membebankan biaya sebesar 5,83 dollar AS - 12,99 dollar AS (sekitar Rp. 90.000 - Rp. 200.000) per bulan. Namun kita bisa mengakses latihan gratis di www.headspace.com/covid-19. Aplikasi ini dapat diunduh di Apple Store dan Google Play.

Baca juga: Menenangkan Diri Selama Pandemi dengan Meditasi

Calm

Aplikasi Calm direkomendasikan bagi pemula dan mereka yang tidak punya banyak waktu. Sesi panduan meditasi dimulai dalam waktu tiga menit, dan ada pilihan jika kita ingin sesi panduan yang lebih lama.

Menariknya, kita dapat memilih untuk fokus pada beberapa bidang sesuai keinginan kita, seperti rasa terima kasih, kecemasan, atau harga diri.

Calm dapat diunduh secara gratis di Apple Store dan Google Play, namun menawarkan sejumlah konten berbayar di dalamnya.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X