Kompas.com - 15/04/2020, 08:42 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Kehidupan sebagai digital nomad seringkali membuat iri banyak orang.

Ya, digital nomad adalah seseorang yang bekerja dari lokasi yang dipilihnya sendiri, dan seringkali dirinyalah yang menetapkan jadwal kerjanya sendiri.

Bahkan, bukan tak mungkin para digital nomad bekerja sambil keliling dunia, mendatangi setiap tempat-tempat menarik, tanpa khawatir dengan biaya.

Seperti dilansir laman intentionaltravelers.com, para digital nomad memanfaatkan teknologi digital nirkabel untuk melakukan tugas pekerjaan mereka. Lalu, menjalani gaya hidup secara nomaden.

Pekerja semacam itu biasanya bekerja dari jarak jauh, seperti rumah, kedai kopi, perpustakaan umum, dan bahkan saat dalam perjalanan, untuk menyelesaikan tugas.

Namun, dengan keuntungan yang tampak nyata pada gaya hidup remote, bukan tak mungkin ada tekanan dan stres yang tidak banyak diketahui orang awam.

Carolin Muller -misalnya. Perempuan ini telah menjadi digital nomad selama enam tahun terakhir, dengan menjalankan bisnis psikologi online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Kota Paling Murah untuk Hidup sebagai Digital Nomad

Pada 2018, ia berada di Sri Lanka, kemudian Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Saat ini, ia memiliki visa turis, sehingga harus pindah dalam waktu tiga bulan.

"Saya tahu perjuangannya," kata Muller, seperti dilansir laman Insider.

"Ketika kita hidup dalam budaya lain yang tidak kita mengerti, kita fokus pada karier yang dapat membuat kita terisolasi secara sosial."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.